BUY NOW, PAY LATER: APAKAH PAYLATER MEMPENGARUHI PEMBELIAN IMPULSIF GENERASI MUDA MUSLIM?

Waluyo Waluyo, Yulfan Arif Nurohman, Rina Sari Qurniawati

Abstrak


Paylater merupakan salah satu transaksi yang saat ini banyak dilakukan oleh kalangan muda. Transaksi melalui paylater dianggap praktis dan bisa mewujudkan keinginan pembelian yang belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pembelian impulsif kalangan muda melalui transaksi paylater. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah independen pembelian impulsif, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini meliputi shopping life style, emosi positif, diskon,persepsi risiko, dan e-servqual. Populasi yang digunakan merupakan generasi milenial dan generasi Z dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria merupakan kalangan muda tinggal di Solo Raya, berusia 18-30 tahun, dan pernah melakukan transaksi paylater di e-commerce. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan diketahui bahwa variabel shopping life style, diskon, dan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif melalui paylater. Adapun variabel yang berpengaruh terhadap pembelian impulsif melalui paylater ialah emosi positif dan e-servqual. Generasi muda merupakan sasaran transaksi paylater karena memiliki tingkat konsumerisme tinggi. Sehingga kalangan muda perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum melakukan pembelian impulsif melalui paylater.

Kata Kunci


paylater, pembelian impulsif, shopping life style

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrozzaq Hasibuan, Jamaludin, Jamaludin, Yayuk Yuliana, Acai Sudirman, Alexander Wirapraja, Aditya Halim Perdana Kusuma, Teng Sauh Hwee, Darmawan Napitupulu, Joli Afriany, J. S. (2020). E-Business: Implementasi, Strategi dan Inovasinya (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Afida, A., & Zamzami, M. T. (2020). Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Menggunakan Potongan Harga (Diskon) Dengan Berjangka Waktu di Pusat Perbelanjaan Ramayana Kota Salatiga. J-HES: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 04(2), 96–111.

Aisah, S., Asiyah, S., & Primanto, A. B. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Penggunaan Transaksi Shopee Paylater (Studi Kasus Mahasiswa FEB UNISMA). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(13), 52–60.

Al-Dmour, R., Hammdan, F., Al-Dmour, H., Alrowwad, A., & Khwaldeh, S. M. (2017). The Effect of Lifestyle on Online Purchasing Decision for Electronic Services: The Jordanian Flying E-Tickets Case. Asian Social Science, 13(11), 157. https://doi.org/10.5539/ass.v13n11p157

Amiri, F. J. J. M. S. T. A. 2012. (2012). Evaluation of Effective Fashionism Involvment Factors Effects on Impulse buying of Customer and Condition of Interrelation Between These Factors. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(9), 9413–9419.

Ariyanti, I. (2020). Awas Dibobol Hacker! Ini Cara Cerdas Jaga Keamanan Akun Paylater. Cermati.Com. https://www.cermati.com/artikel/awas-dibobol-hacker-ini-cara-cerdas-jaga-keamanan-akun-paylater

Bachtiar, D. (2018). Edukasi Mengenai Dampak Penggunaan Smartphone. 2010, 28–32.

Benedict Guttman-Kenney, Christopher Firth, J. G. (2022). Buy Now, Pay Later (BNPL) On Your Credit Card. Cornell University. https://doi.org/https://doi.org/10.48550/arXiv.2201.01758

Bilgihan, A. (2016). Gen Y customer loyalty in online shopping: An integrated model of trust, user experience and branding. Computers in Human Behavior, 61, 103–113. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.03.014

Chan, T. K. H., Cheung, C. M. K., & Lee, Z. W. Y. (2017). The state of online impulse-buying research: A literature analysis. Information & Management, 54(2), 204–217. https://doi.org/10.1016/j.im.2016.06.001

Chanana, N., & Pradesh, H. (2016). FUTURE OF E-COMMERCE IN INDIA. November.

Cobb J.C. & Hoyer W.D. (1986). Planned Versus Impulse Purchase Behaviour. Journal of Retailing, 62(4), 384–409.

Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying dengan Shopping Lifestyle dan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80–89. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.80-89

Dewi, N. (2015). Pengaruh Fashion Involvemet Dan Kecenderngan Hedonic Consumption Dengan Mediator Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion (Survei Pada Pembeli Pakaian Di Mal Olympic Garden Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(2), 86284.

Edelman, B., Jaffe, S., & Kominers, S. D. (2016). To Groupon or not to Groupon: The profitability of deep discounts. Marketing Letters, 27(1), 39–53. https://doi.org/10.1007/s11002-014-9289-y

Eka, R. (2021). Fintech Report 2021: The Convergence of (Digital) Financial Services. Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/research/fintech-report-2021

Else Brilianaza, A. S. (2022). Gaya Hidup Remaja Shopaholic dalam Trend Belanja Online di Shopee. Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora (JSSH ), 6(1).

Elvira, W. P., & Yenny, S. (2013). Penerapan Risk Management Untuk Meningkatkan Non-Financial Firm Performance Di Perusahaan Murni Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya (September), 2(1).

Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.0. Universitas Diponegoro.

Gumiwang, R. (2019). Waspada Jebakan Iming-iming “Pay Later” bagi Milenial. Tirto.Id. https://tirto.id/waspada-jebakan-iming-iming-pay-later-bagi-milenial-d5kJ

Hansen, J. M., Saridakis, G., & Benson, V. (2018). Risk, trust, and the interaction of perceived ease of use and behavioral control in predicting consumers’ use of social media for transactions. Computers in Human Behavior, 80, 197–206. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.11.010

Harmon, N. (2016). Faktor Penentu Perilaku Impulsive Buying Pada Fashion Business Di Kota Bandung. Politeknik Negeri Bandung.

Hasanuddin Ali, L. P. (2017). Millenial Nusantara (pahami karakternya, rebut simpatinya). PT Gramedia Pustaka Umum.

Inggardini Asarila Canestren, M. E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Shopee Paylater. EProceedings of Management. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14958

Ismayuni, I., & Saraswati, T. G. (2015). Emosi positif , keterlibatan fashion , kecenderungan konsumsi hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif pada konsumen positive emotion , fashion involvement , hedonic consumption tedency to impulsive buying behaviour on consumers Nike. E-Proceeding of Management, 2(3), 3733–3741.

Ittaqullah, N., Madjid, R., & Suleman, N. R. (2020). The effects of mobile marketing, discount, and lifestyle on consumers’ impulse buying behavior in online marketplace. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1569–1577.

Iyer, G. R., Blut, M., Xiao, S. H., & Grewal, D. (2020). Impulse buying: a meta-analytic review. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(3), 384–404. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00670-w

Kharisma, D., Mursito, B., & Hadi, S. (2020). Keputusan Penggunaan Jasa Gojek Di Surakarta Ditinjau Dari Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah (Smooting), 18(3), 289.

Kotler, Philip & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (1 dan 2). Erlangga.

Kristin, N. B. (2016). Pengaruh Penggunaan Kartu Kredit (Credit Card Usage) Dan Perilaku Konsumtif Terhadap Risiko Gagal Bayar (Default Risk) (Studi Kasus Di Marugame Udon Dan Tempura Sun Plaza Medan. Universitas Negeri Medan.

Kusnandar, V. B. (2021). Sebanyak 86,88% Penduduk Indonesia Beragama Islam. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/30/sebanyak-8688-penduduk-indonesia-beragama-islam#:~:text=Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan,86%2C88%25) beragama Islam.

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861

Lins, S., Bottequin, E., Dóka, Á., Golasa, A., Hylander, F., Merchán, A., Odabašić, A., & Pavlović, S. (2013). To Think, to Feel, to Have: The Effects of Need for Cognition, Hedonism and Materialism on Impulse Buying Tendencies in Adolescents. Journal of European Psychology Students, 4(2), 25. https://doi.org/10.5334/jeps.bh

Lutfiah Ayu Adika, N. R. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, Kemudahan Pengguna, Promosi, Religiusitas Terhadap Kepuasan Pengguna Dan Keputusan Pengguna Shopee Paylater Kepercayaan Sebagai Variabel Perantara [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/94789/

M Wolfinbarger, M. G. (2001). Shopping Online For Freedom, Control, And Fun. California Management Review, 43(2). https://doi.org/http://.doi.org/102307/41166074

Mehrabian, A., & Russel, J. A. (1974). Approach to Environmental Psychology. The MIT Press.

Mulyono, F. (2012). Faktor Demografis dalam Perilaku Pembelian Impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 88–105.

Muruganantham, G. dan R. S. B. (2013). A Review of Impulse Buying Behaviour. International Journal of Marketing Studies, 5(3), 149–160.

Muslimatul, U. N., & Rahayu, S. A. (2019). Fashion Involvement, Shopping Lifestyle dan Pembelian Produk Fashion. Penelitian Psikologi, 10(2), 12.

Naentiana, P. V. P. Y. S. (2014). Peran Positive Emotion dalam Memediasi Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse buying (Studi Kasus: Mall Bali Galeria). Universitas Udayana.

Norhabiba, F., Palupi, M. M. F. T., & Rohimah, M. A. (2019). Hubungan Terpaan Iklan Shopee Serta Tokopedia, Akses Aplikasi Dan Minat Membeli Pada Mahasiswa Untag Surabaya. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v3i2.1885

Nurohman, M. K. Y. A. (2021). Pelayanan Prima: Teori dan Praktik (1st ed.). Lintang Pustaka Utama.

Parasuraman, Zeithmal, B. (1989). SERQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing.

Pelaez, A., Chen, C.-W., & Chen, Y. X. (2019). Effects of Perceived Risk on Intention to Purchase: A Meta-Analysis. Journal of Computer Information Systems, 59(1), 73–84. https://doi.org/10.1080/08874417.2017.1300514

Peris, Andi, H., M., Y., & Kasman. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Akulaku Indonesia di Jakarta. Management and Accounting Expose, 4(2).

Permatasari, I. M. A. &Sunarti. 2017. (2017). Pengaruh Hedonic Consumption Dan Mediator Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(2), 1–9.

Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458

Pratama Afrianto, A., & Irwansyah, I. (2021). EKSPLORASI KONDISI MASYARAKAT DALAM MEMILIH BELANJA ONLINE MELALUI SHOPEE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.181

Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420–430. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/10130

Putri, A. P. Y., & Ahmadi Miru, M. (2020). Praktik Penyalahgunaan Fitur Kredit (Paylater) oleh Pihak Ketiga melalui Aplikasi Belanja Online. Amanna Gappa, 28(2), 64–76.

Rompas, R. C. E. edsyon, Pangemanan, S., & Tulung, J. E. (2020). BUY NOW , PAY LATER : DETERMINANTS OF PAY LATER SERVICE AFFECTING THE LIFESTYLE OF SOCIETY BELI SEKARANG , BAYAR KEMUDIAN : PENENTUAN LAYANAN MEMBAYAR KEMUDIAN YANG Jurnal EMBA Vol . 8 No . 4 Oktober 2020 , Hal . 1162-1171. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), 1162–1171.

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305. https://doi.org/10.1086/209452

Roy. (2021a). Ancaman Besar di Balik Booming Paylater Kala Pandemi Covid-19. CnbcIndonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210810151608-37-267562/ancaman-besar-di-balik-booming-paylater-kala-pandemi-covid-19

Roy. (2021b). Ancaman Besar di Balik Booming Paylater Kala Pandemi Covid-19. CnbcIndonesiacom. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210810151608-37-267562/ancaman-besar-di-balik-booming-paylater-kala-pandemi-covid-19

Salehi, F., Abdollahbeigi, B., Langroudi, A. C., & Salehi, F. (2012). The Impact of Website Information Convenience on E-commerce Success of Companies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 57, 381–387. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1201

Salma Mardhiyah, R., & Sulistyawati, L. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Intervening pada E-Commerce Shopee. JABEISTIK : Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial Dan Politik, 1(1), 9–21.

Sandra, J. V., & Anjaningrum, W. D. (2021). PENGARUH SUASANA TOKO DAN DISKON TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE PASAR BESAR MALANG. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(2), 49–59. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i2.873

Sari, D. (2021). Pengaruh Diskon, Pembelian Impulsif, Kepercayaan, dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa. STIE YKPN.

Setyowati, D. (2022). Survei KIC: Gen Z dan Milenial Pakai Paylater untuk Belanja Busana. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/61e0ecf4b1b96/survei-kic-gen-z-dan-milenial-pakai-paylater-untuk-belanja-busana

Sherman, S. W. (2013). Sacramental Shopping. University of New Hampshire Press.

Shodiq, M. (2018). Tips Berbelanja Sesuai Ajaran Islam. Kanigoro Newsline. https://www.kanigoro.com/jalan-pinggir/tipsberbelanja-seusai-ajaran-islam/

Silva, R. R., Chrobot, N., Newman, E., Schwarz, N., & Topolinski, S. (2017). Make It Short and Easy: Username Complexity Determines Trustworthiness Above and Beyond Objective Reputation. Frontiers in Psychology, 8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.02200

Simamora, A. A. N., & Fatira AK., M. (2019). Kemudahan Aplikasi dan Keragaman Produk dalam Membentuk Keputusan Pembelian Generasi Milenial Berbelanja secara Online. Jurnal Maneksi & Akuntansi Dan Politeknik Negeri Medan, 8(2), 213–222. http://www.ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalManeksi/article/viewFile/395/252

Stulz, R. M. (2008). 5. Rethinking Risk Management. In Corporate Risk Management (pp. 87–120). Columbia University Press. https://doi.org/10.7312/chew14362-005

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Tirtayasa, S., Nevianda, M., & Syahrial, H. (2020). The Effect of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle And Fashion Involvement With Impulse Buying. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(1), 18–28. https://doi.org/10.30596/ijbe.v2i1.5715

Tri Anggono, B. N., . I., & A B, S. H. (2020). PERSEPSI KEMUDAHAN, RESIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN GOPAY. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 144–153. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.144-153

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144–154. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.457

Wei, W., Li, J., Cao, L., Ou, Y., & Chen, J. (2013). Effective detection of sophisticated online banking fraud on extremely imbalanced data. World Wide Web, 16(4), 449–475. https://doi.org/10.1007/s11280-012-0178-0

Willy Setiadi, I. M. dan I. G. K. W. (2015). Pengaruh Fashion involvement Terhadap Impulse buying Konsumen Fashion Yang Dimediasi Positive Emotion Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(6), 1684–1700.

Wood, S. (2013). Generation Z as consumers: Trends and innovation. Institute for Emerging Issues: NC State University.

Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelaggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 360–368.




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i3.338

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Waluyo Waluyo, Yulfan Arif Nurohman, Rina Sari Qurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.