PENGARUH GAJI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA SALATIGA MELALUI VARIABEL MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

. Winarni, Hardi Utomo

Abstrak


Untuk menciptakan kinerja yang optimal dalam suatu organisasi termasuk di dalamnya Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga dibutuhkan suatu imbalan yang pantas dalam bentuk gaji bagi setiap pegawai di kantor tersebut guna memotivasi kerja pegawai-pegawai di lingkungan kantor tersebut. Terkait dengan penjelasan tersebut maka judul dalam penelitian ini adalah pengaruh gaji terhadap kinerja pegawai melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening.

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh gaji terhadap motivasi kerja pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga, 2) Untuk mengetahui pengaruh gaji terhadap kinerja pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga, 3) Untuk mengetahui pengaruh gaji terhadap kinerja pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga melalui variabel motivasi kerja sebagai variabel intervening.

Tipe penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah eksplanatori. Data primer diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada responden, sedang data sekunder diperoleh dari catatan administrasi Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga, serta buku-buku yang menunjang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang pegawai. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan berganda.

Hasil penelitian menunjukkan : 1) Ada pengaruh signifikan gaji terhadap motivasi kerja pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga, dibuktikan nilai t-hitung (6,383) > t-tabel (2,048), 2) Ada pengaruh signifikan gaji terhadap kinerja pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga, dibuktikan nilai t-hitung (2,397) > t-tabel (2,052), 3) Ada pengaruh signifikan gaji terhadap kinerja pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga melalui variabel motivasi kerja sebagai variabel intervening, dibuktikan nilai pengaruh tidak langsung variabel gaji terhadap variabel kinerja pegawai melalui variabel motivasi kerja sebagai variabel intervening (0,475) > dibandingkan nilai pengaruh langsung variabel gaji terhadap variabel kinerja pegawai (0,326).

Simpulan dalam penelitian : Pernyataan hipotesis I, II, dapat diterima, dibuktikan nilai t-hitung masing-masing variabel > t-tabel, 2) Pernyataan hipotesis III, dapat diterima, dibuktikan nilai pengaruh tidak langsung variabel gaji terhadap variabel kinerja pegawai melalui variabel motivasi kerja sebagai variabel intervening (0,475) > dibandingkan nilai pengaruh langsung variabel gaji terhadap variabel kinerja pegawai (0,326).

Saran dalam penelitian ini adalah 1) Meningkatkan besarnya gaji, hal tersebut dapat ditempuh dengan memberikan usulan kepada pemerintah Kota Salatiga agar pihak pemerintah daerah menjadikan sebuah catatan laporan kepada pemerintah pusat, 2) Memperbaiki motivasi kerja pegawai, yaitu dengan meningkatkan perasaan bahagia pegawai dalam menjalan tugas. Hal tersebut dapat ditempuh dengan melakukan rotasi pegawai setiap bulan sekali yang bertugas menjaga perpustakaan, maupun petugas yang bertugas menangani perpustakaan keliling.

Kata Kunci : Gaji, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v6i1.64

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2013 . Winarni, Hardi Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.