Panduan Penulisan

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.

Contoh artikel akan terlihat seperti berikut : 

JUDUL ARTIKEL

(TEBAL, CAPITAL DI HURUF PERTAMA, TIMES NEW ROMAN, MAKSIMAL 25 KATA) (SPASI TUNGGAL, 12PT)

 

Penulis utama (tanpa gelar)1, Penulis kedua atau selanjutnya (tanpa gelar)2

Departemen dari Penulis utama, institusi

1)Email dari penulis utama

Departemen dari penulis kedua

2)Email dari penulis kedua atau selanjutnya

 

 

ABSTRAK

Abstrak dalam bahasa Indonesia ditulis dengan rata kiri-kanan. Berisi informasi yang jelas dan memberikan penjelasan singkat untuk masalah penelitian. Ini umumnya harus diikuti oleh penjelasan metodologis (metode) dan ringkasan hasil yang singkat. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang signifikansi hasil atau kesimpulan singkat. Seharusnya tidak mengandung referensi atau persamaan yang ditampilkan. Abstrak ditulis dalam 12 pt, Times New Roman, Italic dan spasi tunggal, lebih disukai tidak lebih dari 200 kata

 

Kata kunci: terdiri dari 3-5 kata kunci yang dipisahkan oleh tanda koma (,)ditulis dalam bahasa Indonesia, 12pt italic dan spasi tunggal.

  1. 1.             PENDAHULUAN

Pendahuluan berisi latar belakang dan permasalahan yang akan diteliti, tujuan khusus, dan urgensi penelitian. Panjang artikel antara 4.000-7.000 kata, termasuk daftar pustaka, catatan kaki, gambar, dan tabel. Artikel ditulis dalam font Times New Roman, 12pt, spasi tunggal, pada kertas A4, Margins Top 3 cm; Bottom 3 cm; Left 3 cm; Right 3 cm, Awal paragraph : dengan first line/hanging 1 cm, Antara subbagian dengan kalimat pertama dalam paragraf diberi jarak before : 12 pt dan after : 6pt. Bagian ini tidak menggunakan subjudul. Setiap artikel akan diuji plagiarisme dengan plagiarism checker X (maksimal 20%).

  1. 2.             LANDASAN TEORI DAN PENGEMBANGAN HIPOTESIS  (JIKA ADA)

Landasan Teori

Landasan teori berisi penjelasan terkait teori-teori yang digunakan. Referensi atau penelitian yang relevan, perlu dicantumkan dalam bagian ini, hubungannya dengan pengembangan hipotesis. Cara penulisan sumber dalam teks perlu menunjukkan secara jelas nama author dan sitasi sumber, yang berupa tahun terbit dan halaman tempat naskah berada (disarankan menggunakan referensi manager seperti endnote, zatro, mendeley).

Pengembangan Hipotesis (Jika Ada)

Format sitasi yang digunakan dalam artikel ini adalah American Psychological Association (APA). dengan mencantumkan sumber sitasi sesuai dengan yang dituliskan pada daftar pustaka (Jika menggunakan referensi manajer sudah otomatis akan sesuai)

  1. 3.             MODEL PENELITIAN
 
   

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1 Model Penelitian

  1. 4.             METODE PENELITIAN

Metode penelitian menggambarkan jenis dan sumber data, populasi dan sampel, definisi konsep, definisi operasional konsep, teknik analisis data jika menggunakan data kuantitatif. Sedangkan untuk penelitian kualitatif dijelaskan bagaimana proses dari perolehan data penelitian.

 

  1. 5.             HASIL DAN PEMBAHASAN

Tabel 1 : Analisis

Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

t

Sig.

B

Std. Error

Beta

1

(Constant)

6,363

2,232

 

2,851

0,005

Work Life Balance

0,462

0,178

0,254

2,591

0,011

Kepuasan Kerja

0,709

0,120

0,577

5,889

0,000

a. Dependent Variable: Work Engangement

 

 

Gambar 2. Grafik

Tabel menggunakan garis dengan ketebalan 1 pt dengan ukuran huruf 11 atau disesuaikan. Gambar harus diberi judul dan nomor urut di bawah gambar. Demikian juga tabel diberikan judul dan nomor urut di atas tabel. Pembahasan ditulis dengan ringkas dan fokus pada interpretasi dari hasil yang diperoleh dan bukan merupakan pengulangan dari bagian hasil.

  1. 6.             PENUTUP

Penutup merupakan kesimpulan hasil yang diperoleh dari analisis atau pembahasan. Kesimpulan bukan tulisan ulang dari pembahasan dan juga bukan ringkasan, melainkan penyampaian singkat dalam bentuk kalimat utuh serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Kesimpulan harus menjawab pertanyaan dan permasalahan penelitian. Kesimpulan  berupa  paragraf. Artikel yang tidak disiapkan sesuai dengan garis panduan dan naskah dengan sejumlah kesalahan harus dikembalikan oleh Editor. Artikel yang diterima akan ditinjau oleh peer reviewer kami dan akan diedit oleh Editor. Jurnal ini berlaku pengiriman online.

 

DAFTAR PUSTAKA

Referensi memuat daftar bacaan yang diacu dalam naskah. Referensi yang dijadikan acuan paling lama 10 (sepuluh) tahun terakhir dari tahun Naskah ditulis. Kutipan yang berasal dari tulisan sendiri dibatasi paling banyak 30% dari total jumlah kutipan (Daftar Pustaka). Jumlah sumber acuan daftar psutaka paling sedikit 10 (sepuluh) dan acuan primer dianjurkan paling sedikit 80% dari total acuan dan bersumber dari jurnal. Referensi ditulis dengan metode penulisan kepustakaan (American Psychological Association (APA), dengan huruf Times New Roman 12pt, spasi tunggal dengan before 6 pt dan after 6 pt. Untuk mempermudah dalam sitasi disarankan menggunakan referensi manager seperti endnote, zatro, dan  atau mendeley.

Contoh :

Augusty, F. (2018). Structural equation modeling dalam penelitian manajemen. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, 143.

Australian Bureau of Statistics. 2000. 1996 Census of Population and Housing: Northern (Statistical Division) Queensland. Diunduh tanggal 19 Agustus 2001, http://www.abs.gov.au

Ayu, D. R., Maarif, M. S., & Sukmawati, A. (2015). Pengaruh job demands, job resources dan personal resources terhadap work engagement. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 1(1), 12.

BPS. (2020a). Dampak Covid-19 di Era New Normal Kabupaten Semarang Analisis Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19. Kabupaten Semarang: Badan Pusat Statistik.

Hasibuan, M. (2013). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.