PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, HARGA DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI GRAND WAHID HOTEL SALATIGA

Yuni Maxi Putri, Hardi Utomo, Fudji Sri Mar'ati

Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat persaingan hotel di Salatiga yang cukup tinggi yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah wisatawan dan minimnya destinasi wisata di Salatiga.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, harga, dan digital marketing secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen di Grand Wahid Hotel Salatiga. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory, jenis data kualitatif dan menggunakan data primer yang berupa kuesioner. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukan variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil uji parsial kualitas pelayanan dan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, karena t hitung lebih kecil dari ttabel, artinya jika kualitas pelayanan dan lokasi ditingkatkan maka tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas konsumen. Sedangkan hasil uji parsial  harga dan digital marketing thitung lebih besar dari ttabel, yang artinya jika harga dan digital marketing ditingkatkan maka loyalitas konsumen akan meningkat pula. Hasil uji simultan dari semua variabel independen fhitung lebih besar dari ftabel, yang berarti semua variabel indepent berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen juga akan meningkat pula.

Kata Kunci


kualitas pelayanan, lokasi, harga, digital marketing, loyalitas konsumen.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adeline Wijaya, C. (2017). Bauran pemasaran yang mempengaruhi loyalitas konsumen di Garden Palace. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 5, 264–277.

Afrilia, & Ascharisa Mettasatya. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “Waroenk Ora Umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1, 147–157.

Aji, R. (2016). Digitalisasi, era tantangan media (Analisis kritis kesiapan fakultas dakwah dan komunikasi menyongsong komunikasi di era digital). Islamic Communication Journal, 01, 43–54.

Anshori, M. (2020). Metodologi Penelitan Kuantitatif Edisi 2 (2nd ed.). Airlangga University Press.

Atmaja, S., & Ruliana, P. (2017). Strategi promosi hotel melalui wisata syariah dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa. Jurnal Komunikasi, 2, 182–191.

Atmajati, A. (2018). Layanan prima dalam praktik saat ini (R. Kozara & I. F. Iriyanto (eds.); 1st ed.). deepublis publisher.

Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima (R. L. Toruan (ed.)). PT. Elex Media Komputindo.

Chakti, G. A. (2014). The Book of Digital Marketing (Sobirin (ed.); 1st ed.). Makasar, Penerbit Celebes Media Perkasa.

Chakti, G. A. (2019). The book of digital marketing (Sobirin (ed.); 1st ed.). Makasar, Celebes Media Perkasa.

Chandra, B. (1995). Pengantar statistik kesehatan (1st ed.). Penerbit buku kedokteran EGC.

Devi, E. (2018). Pengantar akomodasi dan restoran (1st ed.). deepublis publisher.

Emmywati. (2016). Pengaruh kualitas layanan yang terdiri dari kenyamanan, keamanan, kemudahan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada galeri seni dan pusat meditation Ponorogo Jawa Timur. Jurnal Penelitian Ilmu Managemen, 1, 184–191.

Fathoni, A. (2016). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi terhadap tingkat penjualan usaha jasa mikro di Kabupaten Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Managemen, 1, 22–33.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran : Dasar dan Konsep. Penerbit Qiara Media.

Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analisis harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pada hotel Manado Grace Inn. Jurnal EMBA, 3, 1313–1322.

Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan pada perusahaan dengan menetapkan alumni dan mahasiswa Universitas Bina Nusantara sebgai objek penelitian. Binus Business Review, 3, 882–897.

Indahingwati, A. (2019). Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Layanan SIM Keliling (F. Rahmawati (ed.)). Jakad Publishing.

Jos, D. P. (2004). Teori Semantik. Erlangga.

Moeljiono, D. (2004). Budaya korporat dan keunggulan korporasi (1st ed.). PT. Elex Media Komputindo.

Nurulaili, & Wijayanto, A. (2013). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen tupperware. Jurnal Administrasi Bisnis, 2, 89–97.

Putri, Y. L. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi persepsi pada pelanggan Dian Comp AMbarawa). Among Makarti, 10, 70–90.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016a). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan bran image terhadap keputusan pembelian produk aqua di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8, 92–121.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016b). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Aqua di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8, 92–121.

Sanaubar, G., Hidayat, W., & Kusuma, H. (2017). Pengaruh potensi pariwisata terhadap penyerapan tenaga kerja sektor perhotelan di 9 Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2012-2015. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1, 324–339.

Setiawan, S. (2011). Loyalitas Pelanggan Jasa (P. Komalasari (ed.); 1st ed.). PT Penerbit IPB Press.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran (A. Manshur (ed.)). Universitas Brawijaya Malang Press.

Sibarani, C. G. G. T., Armayanti, N., Irwansyah, & Suharianto, J. (2019). Dasar-dasar kewirausahaan (J. Simarmata (ed.); 1st ed.). Yayasan kita menulis.

Sidiq, R. (2019). Teknik Berjualan Dengan Digital Marketing. UDACODING.

Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar : Manajemen Pemasaran (1st ed.). CV Pustaka Abadi.

Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Tama (ed.); 1st ed.). Myria Publisher.

Suryadharma, I. W. W., & Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan pada kepuasan pelanggan hotel Bintang Pesona di Denpasar Timur. E-Jurnal Manajemen Unud, 4, 930–942.

Tjiptono, F. (2000). Perspektif Manajemen & Pemasaran Kontemporer (1st ed.). Penerbit Andi Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2014a). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (1st ed.). Penerbit Andi Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2014b). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan dan Penelitian (1st ed.). Penerbit Andi Yogyakarta.

Umar, H. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (4th ed.). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (K. Sihotang (ed.); 1st ed.). Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Warnadi, & Triyono, A. (2019). Manajemen Pemasaran (I. Astarina & H. Ramadhani (eds.); 1st ed.). Penerbit Deepublish.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 1, 59–66. https://doi.org/administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Yulianto, N. A. B., Maskan, M., & Utaminingsih, A. (2018). Metodeologi Penelitian Bisnis (H. N. Utami (ed.); 1st ed.). Polinema Press.

Yuliawati, Y. (2016). Pengaruh motivasi dan sikap terhadap loyalitas konsumen pada studio Jonas Photo. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 11, 11–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v14i1.206

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2021 Yuni Maxi Putri, Hardi Utomo, Fudji Sri Mar'ati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.