PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, HARGA DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI GRAND WAHID HOTEL SALATIGA

Yuni Maxi Putri, Hardi Utomo, Fudji Sri Mar'ati

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat persaingan hotel di Salatiga yang cukup tinggi yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah wisatawan dan minimnya destinasi wisata di Salatiga.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, harga, dan digital marketing secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen di Grand Wahid Hotel Salatiga. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory, jenis data kualitatif dan menggunakan data primer yang berupa kuesioner. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukan variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil uji parsial kualitas pelayanan dan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, karena t hitung lebih kecil dari ttabel, artinya jika kualitas pelayanan dan lokasi ditingkatkan maka tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas konsumen. Sedangkan hasil uji parsialĀ  harga dan digital marketing thitung lebih besar dari ttabel, yang artinya jika harga dan digital marketing ditingkatkan maka loyalitas konsumen akan meningkat pula. Hasil uji simultan dari semua variabel independen fhitung lebih besar dari ftabel, yang berarti semua variabel indepent berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen juga akan meningkat pula.

Kata Kunci


kualitas pelayanan, lokasi, harga, digital marketing, loyalitas konsumen.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v14i1.206

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.