IMPLIKASI DIGITAL MARKETING UNTUK KEUNGGULAN BERSAING UMKM BIDANG KONVEKSI DI KOTA TASIKMALAYA DI ERA ENDEMI

Gian Riksa Wibawa, Hary Firmansyah, Titin Patimah, Luviany Kastury, Andra Kharuna Pratama, Sofie Aulia, Febi Ferbianti

Abstrak


ABSTRACT

This research aims to gain knowledge about the implications of digital marketing for the competitive advantage of MSMEs in the convection sector in Tasikmalaya City in the endemic era. This research is qualitative research with a qualitative descriptive approach. The data collection techniques were observation, interviews with 12 informants from 12 convection MSMEs, and documentation studies. The object of this research is aimed at convection business owners in the Tasikmalaya City area. Based on research results, the majority of convection MSMEs in Tasikmalaya have used digital marketing/social media as a means to promote their business products, namely Instagram, Shopee, Facebook, TikTok, WhatsApp, Lazada, Tokopedia and Google Ads. Convection business actors also use digital marketing to see consumer needs. Regarding pricing, several convection business actors adapt to consumers because when using promotions with digital marketing, pricing will be more dynamic compared to traditional methods. Digital marketing facilities have the advantage of easy distribution of products. Moreover, information related to their brands can also be more widely promoted and seen by potential consumers.

ABSTRAK

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang implikasi digital marketing untuk keunggulan bersaing UMKM bidang konveksi di Kota Tasikmalaya di era endemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, wawancara dengan 12 informan dari 12 UMKM konveksi, dan studi dokumentasi. Objek penelitian ini ditujukan kepada pemilik usaha konveksi yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian pelaku UMKM konveksi di Tasikmalaya, mayoritas UMKM telah menggunakan digital marketing/media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan produk usahanya, yaitu instagram, shopee, facebook, tiktok, whatsapp, lazada, tokopedia, dan google ads. Digital marketing juga digunakan oleh para pelaku usaha konveksi ini untuk melihat kebutuhan konsumen. Dalam hal penentuan harga, beberapa pelaku usaha konveksi ini menyesuaikannya dengan konsumen. Hal ini dikarenakan ketika menggunakan promosi dengan digital marketing, penentuan harga akan lebih dinamis dibandingkan dengan menggunakan cara tradisional. Sarana digital marketing memiliki keuntungan dengan kemudahan distribusi produk. Selain itu, informasi terkait merek/brand mereka juga bisa lebih luas dipromosikan dan dilihat oleh calon konsumen.


Kata Kunci


digital marketing, online marketing, social media, MSMEs, convection

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Braun, V., & Clarke, V. (2021). One size fits all? What counts as quality practice in (reflexive) thematic analysis? Qualitative Research in Psychology, 18(3), 328–352. https://doi.org/10.1080/14780887.2020.1769238

Chaffey, D., Hemphill, T., & Edmundson-Bird. (2019). Digital_Business_and_E_commerce_Manageme.

Durai, T., Rachel, M., Phil, K. M., & Scholar, R. (2019). IMPACT OF DIGITAL MARKETING ON THE GROWTH OF CONSUMERISM.

Kotler, P., & Keller, K. lane. (2016). Marketing Management (Global).

Muhammad Bukhori Dalimunthe. (2017). KEUNGGULAN BERSAING MELALUI ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK.

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, & Iwan Setiawan. (2019). Marketing_4_0_Bergerak_dari_Tradisional.

Prabowo, W. A. (2018). PENGARUH DIGITAL MARKETINGTERHADAP ORGANIZATIONAL PERFORMANCE DENGANINTELLECTUAL CAPITAL DAN PERCEIVED QUALITYSEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDUSTRI HOTEL BINTANG TIGA DI JAWA TIMUR. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112

Sholihin, S. A., & Oktapian, M. A. (2021). Pengaruh Strategi Digital marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era Pandemi Covid-19. XII(3), 365–372.

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Media sosial Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Yamin, A. Bin. (2017). Impact of Digital marketing as a Tool of Marketing Communication: A Behavioral Perspective on Consumers of Bangladesh. American Journal of Trade and Policy, 4(3), 117–122. https://doi.org/10.18034/ajtp.v4i3.426




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v16i2.542

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2023 Gian Riksa Wibawa, Hary Firmansyah, Titin Patimah, Luviany Kastury, Andra Kharuna Pratama, Sofie Aulia, Febi Ferbianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.