PENGARUH LOKASI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO REJEKI EXPRESS

Nur Chotimah, Findi Findi, Nurdin H. Abd. Rahman

Abstrak


Suatu hal yang tidak mudah untuk dapat mempertahankan dan menarik konsumen dalam persaingan bebas seperti sekarang ini. Untuk itu toko sebaiknya pandai-pandai menentukan lokasi tempat ia akan berjualan dengan harga-harga yang membuat konsumen tertarik. Karena konsumen pastinya akan mengambil keputusan untuk membeli dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keinginannya untuk berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi penjualan terhadap loyalitas pelanggan pada toko Rejeki Express. Penelitian ini dilaksanakan di Toko Rejeki Express Jln. Patirangga No. 28, Beru, Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur tahun 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kosumen yang pernah berbelanja di toko Rejeki Express dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang dan menggunakan teknik Sampling Insidental / Accidental Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji  normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS   versi 23. Hasil penelitian menunjukan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 4,4% dan sisanya 95,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diletiti dalam penelitian ini.


Kata Kunci


Lokasi, Loyalitas Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrina, M. (2017). Analisa pengaruh produk, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Syariah Bukopin.

Anggraini. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Layanan, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Sewa Power Bank Recharge. Academia Edu.

Ariandi, M. Z. (2018). Pengaruh Lokasi Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Garuda Medan.

Griffin, J. (2016). Menumbuhkan dan Mempertahankan Customer Loyalty.

Hadianto, T. (2010). Pengaruh Lokasi, Pelayanan, Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen.

Hasan, S., Wahid, M., & Basalamah, M. (2016). Marketing Mix Effect on the Decision of Customers in The Matter In Choosing The Home Purchase Loans In Pt.Bni 46 Griya Bni (Persero) Tbk Branch Makassar.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Lestari, M., Nasution, A. M. U., & Lubis, A. (2020). Pengaruh Lokasi dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Nanda Soto Sei Blutu Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 1(1).

Lupiyoadi, H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Muhlisin, F. H. N., Arifin, R, & Hufron, M. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Toko Kopma Ilhaam Rahmadhan Universitas Islam Malang. ERJM: Jurnal Riset Manajemen, 9(2).

Pratama, R.,, & Yulianthini, N.N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Salon Agata. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1).

Priansa, J. (2017). Perilaku konsumen. Bandung: Alfabeta.

Putri, D. I., Hidayat, W., & Dewi, R. S. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Pelanggan Mertojoyo Cake Semarang ).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Swastha, B., & Irawan. (2002). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i3.310

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Chotimah, Findi Findi, Nurdin H. Abd. Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.