ANALISIS TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN SEMEN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

Futkhatul Nur Khamidah, Pandi Afandi

Abstrak


Perusahaan yang tercatat di BEI (go public), harus menunjukkan laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit oleh Akuntan Publik dengan hasil yang baik. Ketika perusahaan sudah berjalan dan go publik apakah kesehatan keungannnya dapat dipertahankan, ditingkatkan ataukah justru mengalami potensi yang tidak sehat, memburuk bahkan mengalami kebangkrutan. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetehui kinerja dan kesehatan keuangan pada perusahaan go public khususnya seluruh perusahaan semen yang tercatat di BEI, yaitu PT Indocement Tunggal perkasa, Tbk, PT Holcim Indonesia, Tbk dan PT Semen Gresik (Persero), Tbk. Hasil perhitungan kinerja keungan dengan analisis ratio keungan diperoleh bahwa ketiga perusahaan semen go public tersebut menunjukkan kinerja keungan jangka pendek yang baik, namun kinerja keungan jangka panjangnya menunjukkan hasil tidak solvabel (insolvable), untuk ukuran profitabilitasnya dapat diandalkan dengan tingkat profitability jauh di atas rata-rata rasio industri, sedangkan rasio aktivitas perusahaan cukup aktif khusunya dari perputaran persediaan, tapi untuk perputaran aktiva umumnya masih rendah.

Hasil perhitungan Z-score, tahun terakhir PT Holcim Indonesia, Tbk memiliki potensi kebangkrutan tertinggi dengan Z-score terendah yaitu 1,25, berikutnya PT Indocement Tunggal Perkasa,Tbk, skor 2,69 dan PT Semen Gresik (Persero) Tbk, selama tiga tahun kondisinya sangat sehat dengan skor di atas 3, tetapi pada akhir tahun 2010 menyentuh wilayah grey area dengan skor 2,81. Jika ketiga perusahaan tersebut diurutkan urutan tingkat kesehatan keungannya maka yang pertama PT Semen Gresik (Persero), Tbk, Kedua PT Indocement Tunggal Perkasa,Tbk dan ketiga PT Holcim Indonesia,Tbk.

Perbaikan manajemen keuangan dan revitasilsasi posisi keuangan untuk kesehatan keuangan jangka panjang adalah hal yang disarankan dari hasil penelitian ini.

Kata Kunci : Kinerja keuangan, kesehatan keuangan, Z-score


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v5i1.67

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2013 Futkhatul Nur Khamidah, Pandi Afandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.