PERSEPSI NASABAH GENERASI Z PASCA PENGUMUMAN MERGER BANK SYARIAH

Yulfan Arif Nurohman, Rina Sari Qurniawati

Abstrak


Merger bank syariah milik pemerintah menjadi isu hangat pada tahun 2020. Para bankir dan pengusaha memberikan perhatian khusus terhadap kebijakan merger bank syrariah. Merger dapat mengubah kebijakan yang dibuat oleh bank syariah dalam memberikan pelayanan kepada nasabah, terutama pada generasi Z yang mendominasi penduduk di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini ialah persepsi tentang bagi hasil, produk, fasilitas, dan pengetahuan terhadap minat generasi Z dalam menggunakan produk bank syariah pasca pengumuman merger. Populasi yang menjadi responden dalam penelitian ini ialah pengguna bank syariah di Kabupaten Sukoharjo dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel bagi hasil dan fasilitas berpengaruh terhadap minat generasi Z dalam menggunakan layanan bank syariah, sedangkan variabel produk dan pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan bank syariah

Kata Kunci


bank syariah, merger, generasi Z, nasabah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfi, A. N. (2020, December). Ada Merger Bank Syariah BUMN, Begini Pandangan Bankir Lain. Bisnis.Com.

Anoraga, P. (1995). Dinamika Koperasi. Rineka Cipta.

Arnani, M. (2021). Mendominasi Penduduk Indonesia, Mari Mengenal Generasi Z dan Milenial.

Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

CHASANAH, Y. U. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN, FASILITAS DAN PERSEPSI SANTRI PONDOK AL-FATTAH KARTASURA TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA TABUNGAN BANK SYARIAH. IAIN Surakarta.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2), 107-.

Csobanka, Z. E. (2016). The Z Generation. Acta Technologica Dubnicae, 6(2), 63–76. https://doi.org/10.1515/atd-2016-0012

Damayanti, Y. E. (2017). ( STUDI PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP SOEKARNO HATTA MALANG ) STIE Indocakti Malang.

Dewi, F. P. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI PRODUK DAN PENDAPATAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH KOTA SALATIGA DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. IAIN Salatiga.

FER. (2020). Generasi Z Dominasi Pengguna Internet Selama Pandemi Covid-19. Berita Satu.

Firza Aulia Viranti dan Adhitya Ginanjar. (2015). Influence of Facilities , Promotion, Product and Location Islamic Banking on Decision Non Muslim Customers Patronizing at BRIS Case Study in BRI Syariah. The Journal of Tauhidinomics, 1(1), 35–60.

FITRIANA, D. (2020). PENGARUH LOKASI DAN PENGETAHUAN NASABAH TERHADAP MINAT MENABUNG PADA BRI SYARIAH KC KEDIRI. IAIN Ponorogo.

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Knappptma, 7(Maret), 307–314.

Fourhooks. (2015). The Generation Guide - Millennials, Gen X, Y, Z and Baby Boomer. FourHooks.Com.

Gaspersz, V. (1997). Manajemen Bisnis Total Dalam Era Globalisasi. Gramedia Pustaka Utama.

Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.0. Universitas Diponegoro.

Hafizd Zulfikar, J. (2020). PERAN BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) BAGI PEREKONOMIAN INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, 5.

Hamid, A., & Aris, A. (2017). Peran Bank Syariah Dalam Mengurangi Kemiskinan. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 15(1), 67–82. https://doi.org/10.35905/diktum.v15i1.426

Hoda, R. S. J., Mahsuni, A. W., & Junaidi. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Menggunakan Jasa Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri Di Kota Ternate). E-Jra, 07(10), 1–14.

Imran, I., & Hendrawan, B. (2018). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 209–218. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.621

Kamarni, N. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Berhubungan dengan Bank Syariah di Kota Padang. J. Urnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3.1 (2012).

Kotler, P. dan G. A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (edisi 12.). Erlangga.

LATIFAH FADHILA. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN, IKLAN/INFORMASI, DAN PENGALAMAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH. IAIN Batusangkar.

Lestari., A. M. (2014). Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 3 (1), 1–18.

Mawaddah. (2021). PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MAHASISWA BERTRANSAKSI DI BANK BRI SYARIAH KCP KAYU TANGI DI KOTA BANJARMASIN. UIN Antasari Banjarmasin.

Mulyaningtyas, I. F., Soesatyo, Y., & Sakti, N. C. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG BANK SYARIAH DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT MENABUNG SISWA PADA BANK SYARIAH DI KELAS XI IPS MAN 2 KOTA MALANG. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 8(1), 53. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p53-66

Nurohman, Y. A. (2019). Pengantar Manajemen: Penerapan Pada Industri Perbankan (1st ed.). Gerbang Media Aksara.

OECD. (2013). Financial Literacy And Inclusion : Result of OECD/INFE Survey Across Countries and By Gender. Russia Trust Fund.

Pantilu, D., Koleangan, R. A. M., dan Roring, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 372. https://doi.org/doi.org/10.35794/emba.v6i4.21898.

Pradesyah, R. (2020). Al-Sharf Al-Sharf Jurnal Ekonomi Islam. Ekonomi Islam, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.30596/al-sharf.v

Priambodo, B. R., & Septiarini, D. F. (2020). Pengaruh Bank Syariah Yang Dikelola Berdasarkan Prinsip Syariah Serta Fitur Dan Fasilitas Produk Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(10), 2062. https://doi.org/10.20473/vol6iss201910pp2062-2076

Puspita, J. Dela, Media, S., Pt, R., & Cimb, B. (2015). Jezzy Dela Puspita: Strategi Media Relation PT Bank CIMB Niaga.Tbk... 14(01), 16–30.

Putri, A. L. (2021). Merger Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk Pengembangan Ekonomi Syariah. Republika.

Qurniawati, Y. (2018). eWOM PADA GENERASI Z DI SOSIAL MEDIA. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(2), 70–80.

Rahmawaty, A. (2014). Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syari’Ah Terhadap Minat Menggunakan Produk Di Bni Syari’Ah Semarang. Addin, 8(1), 1–28.

Ramadhani, N. Ik., Susyanti, J., & ABS, M. K. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Kota Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, 79–87.

Ramdani, D. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital marketing, Brand Image dan Word of mouth Terhadap Minat Generasi Z pada Bank Syariah. In Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Research, G. (2011). Consumers of Tomorrow Insights and Observations About Generation Z.

Rizki, M. J. (2021). Begini Prosedur Peralihan Nasabah Usai Merger 3 Bank Syariah. Hukum Online.Com.

Saputra, A. E. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN, PROMOSI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat).

Saraswati., N. (2016). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nsabah Bank Muamalat Kcp Magelang (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Magelang). Semarang: UIN Walisongo.

Schiffman, G. L. dan L. L. K. (2004). Consumer Behavior. Pearson Education Inc.

Septiadi, A. (2020). Merger bank syariah, begini efeknya terhadap nasabah, karyawan dan pemegang saham. Kontan.Co.Id.

Setiadi, N. J. (2005). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media.

Setiawati, & Nurkhin, A. (2017). Pengujian Dimensi Konstruk Literasi Keuangan Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 727–736.

Siregar, B. G. (2015). KEWIRAUSAHAAN Budi Gautama Siregar Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 1, 1–19.

Sitepu, N. I. (2017). Role Of Syariah Banks In Price Control (Analysis Study of Islamic Banking in Indonesia). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 1(1), 55–74.

Siti Nur Azzura. (2016). Berawal dari penggabungan 4 bank, ini sejarah Bank Mandiri. Merdeka.Com.

Sladek, S. dan A. G. (2014). Gen Z: The first generation of the 21st Century has arrived,.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Pustaka Setia.

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu.

Sutantio, M. (2004). Studi Mengenai Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi; Studi Kasus Produk Sharp di Surabaya. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 3.

Syafrina, N., & Manik, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Non Muslim Menabung Di Pt. Bank Syariah Mandiri. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(1), 59–70.

Syihabudin. (2016). Peningkatan aktivitas ekonomi berbasis budaya petani dan nelayan ke arah ekonomi syariah berprinsip bagi hasil di Kabupaten Serang. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Taspcott, D. (2008). GrownUp Digital: How the Net Generation is Changing Your World. McGraw-Hill.

Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran (Edisi Kedu). Andi.

Wahyuningrum. (2000). Buku Ajar Manajemen Fasilitas Pendidikan. FIP UNY.

Walfajri, M. (2021). Pasca merger, BSI targetkan integrasi operasional layanan rampung awal November 2021. Kontan.Co.Id.

Zakaria, L. D., Afifudin, & Mawardi, M. C. (2020). Pengaruh Religiusitas, Fasilitas Layanan, Literasi Keuangan dan Bagi Hasil Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Menabung di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 09(11), 25–26.

Zamroni. (2016). Peran Bank Syariah Dalam Penyaluran Dana Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Iqtishadia, 6(2), 225–140.




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v14i2.215

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Yulfan Arif Nurohman, Rina Sari Qurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.