PENGARUH MOTIVASI, LITERASI KEUANGAN DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI

Adelia Natasya Dewi, Paskah Ika Nugroho

Abstrak


ABSTRACT : This research aims to determine the influence of motivation, financial literacy and social media on investment interest among UKSW accounting students. The population of this study was taken from accounting students from the 2020 to 2023 FEB UKSW and the sample used was 92 students. Data was obtained from filling out questionnaires that were distributed. Data processing in this study used SPSS 25 by testing multiple linear regression. The results of this research show that motivation and social media have a positive influence on investment interest. Meanwhile, financial literacy does not have a significant effect on investment interest.

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, literasi keuangan dan media sosial terhadap minat investasi dalam lingkup mahasiswa akuntansi UKSW. Populasi penelitian ini diambil dari mahasiswa akuntansi angkatan 2020 hingga 2023 FEB UKSW dan sampel yang digunakan sebanyak 92 mahasiswa. Data diperoleh dari pengisian kuesioner yang telah dibagikan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 dengan menguji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan media sosial memiliki pengaruh positif terhadap minat investasi. Sedangkan literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi.


Kata Kunci


Motivation; Financial Literacy; Social Media; Investment Interest

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiningtyas, S., & Hakim, L. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi, dan Uang Saku terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah dengan Risiko Investasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 474. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4609

Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172–180. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/22868

Apriliani, A. F., & Murtanto. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, Persepsi Risiko dan Teknologi Media Sosial Terhadap Minat Investasi. Jurnal Investasi, 9(3), 133–142. https://doi.org/10.31943/investasi.v9i3.281

Bate’e, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108

Binekasri, R. (2023). Investor Naik 7%, Kok Transaksi Saham RI Malah Jeblok 29%? CNBC. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230703154621-17-450804/investor-naik-7-kok-transaksi-saham-ri-malah-jeblok-29

CNBC Indonesia. (2023). Pasar Modal di Indonesia Didominasi Pelajar, Ini Buktinya. CNBC. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230722235027-17-456475/pasar-modal-di-indonesia-didominasi-pelajar-ini-buktinya

Darmawa, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan, 08(02), 44–56. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.32639/jiak.v8i2.297

Darmawan, A., & Japar, J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal san Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Majalah Neraca, 10(2), 71–76.

Fadila, N., Goso, Hamid, R. S., & Ukkas, I. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, Persepsi Risiko, dan Locus of Control Terhadap Keputusan Investasi Pengusaha Muda. Owner(Riset & Jurnal Akuntansi), 6(2), 1633–1643. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.789

Faidah, F. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Journal of Applied Business and Economic. http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i3.3484

Fitriasuri, & Simanjuntak, R. M. A. (2022). Pengaruh pengetahuan investasi, manfaat motivasi, dan modal minimal investasi terhadap keputusan investasi di Pasar Modal. Owner, 6(4), 3333–3343. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1186

Harahap, S. B., Bustami, Y., & Syukrawati, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Saham Syariah. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 2(2), 75–82. https://doi.org/10.32939/fdh.v2i2.955

Hasanudin, Nurwulandari, A., & Caesariawan, I. (2022). Pengaruh literasi keuangan, efikasi keuangan, dan sikap keuangan terhadap keputusan investasi melalui perilaku keuangan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 581–597. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.2318

Isticharoh, & Kardoyo. (2020). Minat Investasi Diprediksi Dari Motivasi Diri, Pengetahuan Investasi, dan Teknologi Media Sosial. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 904. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42414

Kamil, H. H., & Tanno, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Dalam Pengambilan Keputusan Investor Berinvestasi, Latar Belakang Pendidikan dan Penghasilan Sebagai Variabel Kontrol. Owner(Riset & Jurnal Akuntansi), 6(2), 1622–1637. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.568

Khumaini, S., & Nadiya, A. J. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Berinvestasi Saham Di Pasar Modal Syariah. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 3(1), 1. https://doi.org/10.31000/almaal.v3i1.4614

Ladamay, A. Z. F., Supriyanto, T., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan, Risiko, Imbalan Hasil, dan Religiusitas Terhadap Minat Berinvestasi Sukuk Generasi Z di Jakarta. Islamic Economics Journal, 7(2), 161–185. https://doi.org/10.21111/iej.v7i2.6552

Maharani, B., & Hidayah, N. (2021). Peran Media Sosial dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(2), 275–286. https://doi.org/10.25105/jat.v8i2.9926

Mastura, A., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi dan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal. Jiagabi, 9(1), 64–75. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/6125

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111

Nurmutia, E. (2023). HUT Pasar Modal Indonesia: Jumlah Investor Terus Meningkat, Edukasi Perlu Digencarkan. Liputan6. https://www.liputan6.com/saham/read/5366584/hut-pasar-modal-indonesia-jumlah-investor-terus-meningkat-edukasi-perlu-digencarkan?page=4

Panjaitan, N. F. H., & Listiadi, A. (2021). Literasi Keuangan dan Pendapatan pada Keputusan Investasi dengan Perilaku Keuangan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 11(1), 142–155. https://doi.org/10.23887/jiah.v11i1.32793

Puspitasari, V. E., Yetty, F., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Persepsi Imbal Hasil, dan Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah. JIEFES, 2(2), 122–141. https://doi.org/10.47700/jiefes.v2i2.3292

Rahman, R. E. S. A., & Subroto, W. T. (2022). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n1.p41-54

Rahmi, R. A., Supriyanto, T., Nugrahaeni, S., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2022). Analisis faktor pengaruh minat berinvestasi generasi Z pada reksadana syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.29300/aij.v8i1.2907

Safryani, U., Aziz, A., & Triwahyuningtyas, N. (2020). Analisis Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(3), 319–332. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i3.384

Santi, A. J. T. (2022). Literasi Penting, Tak Sekadar Jumlah Investor. Kompas. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2022/11/24/literasi-penting-tak-sekadar-jumlah-investor-1?status=sukses_login%3Fstatus_login%3Dlogin&status_login=login

Saraswati, K. R. A., & Wirakusuma, M. G. (2018a). Pemahaman Atas

Investasi Memoderasi Pengaruh Motivasi dan Risiko Investasi Pada Minat Berinvestasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24, 1584. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v24.i02.p28

Saraswati, K. R. A., & Wirakusuma, M. G. (2018b). Pemahaman Atas Investasi Memoderasi Pengaruh Motivasi Dan Risiko Investasi Pada Minat Berinvestasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24, 1584–1599. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p28

Sari, V. M., Putri, N. K., Arofah, T., & Suparlinah, I. (2021). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Dasar Investasi, Modal Minimal, dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 4(1), 88. https://doi.org/10.22441/jdm.v4i1.12117

Shafira, A. N. (2020). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(3), 328–333. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i3.577

Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 4(2), 804–818. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208

Sun, S., & Lestari, E. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi Pada Masyarakat Di Batam. Jurnal Akuntansi Unesa, 10(03), 101–114. https://doi.org/10.26740/akunesa.v10n3.p101-114

Suyanti, E., & Hadi, N. U. (2019). Analisis Motivasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 108. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.2352

Taufiqoh, E., Diana, N., & Junaidi. (2019). Pengaruh Norma Subjektif, Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Persepsi Return dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Saham di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UNISMA dan UNIBRAW di Malang). E-Jra, 08(03), 12–28. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/4043

Viana, E. D., Febrianti, F., Ratna, F., & Dewi. (2021). Literasi Keuangan , Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. JMO, 12(3), 252–264. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i3.34207

Wahyuni, A. N., & Pramono, N. H. (2021). Pengaruh Faktor Demografi dan Faktor Psikologi Investor dalam Pengambilan Keputusan Investasi di Era Ekonomi Digital. JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia), 4(1), 73. https://doi.org/10.32493/jabi.v4i1.y2021.p73-91

Wicaksono, M. P., & Wafiroh, N. L. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sosial Media Edukasi Saham Terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kota Malang). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(2), 200–206. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i2.57

Wulandari, A. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal. 1 (Februari), 5–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v18i2.868

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2025 Adelia Natasya Dewi, Paskah Ika Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

rajacukong

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor 4d