THE EFFECT OF EMOTIONAL INTELLIGENCE, INTELLECTUAL INTELLIGENCE AND LEARNING INTEREST ON THE LEVEL OF ACCOUNTING UNDERSTANDING

Paskah Ika Nugroho, Gaby Febyola Kiding

Abstrak


ABSTRACT

This study aims to determine the effect of emotional intelligence, intellectual intelligence, and student interest in learning on the level of accounting understanding. This research is a quantitative study with a population of SWCU FEB students from the accounting study program who are still active. Survey method technique is used from 100 students questionnaire data collected and then distributed via email, and other social media using the google form. The analysis technique in this study uses multiple regression techniques. The results of this study indicate that emotional intelligence, intellectual intelligence and interest in learning have a significant positive effect on the level of accounting understanding.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan minat belajar mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa FEB UKSW prodi akuntansi yang masih aktif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik metode survey yang didapatkan dari kuesioner 100 mahasiswa yang dikumpulkan kemudian disebarkan melalui email, dan media sosial lainnya menggunakan google form. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi  


Kata Kunci


Accounting Education, Emotional Intelligence, Intellectual Intelligence, Interest in Learning, Level of Accounting Understanding.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


AkbariLakeh, M., Naderi, A., & Arbabisarjou, A. (2018). Critical Thinking and Emotional Intelligence Skills and Relationship with Students’ Academic Achievement. La Prensa Medica, 104(2). https://doi.org/10.4172/lpma.1000280. Diakses pada 10 Juli 2022

Anam, H., & Ardillah, L. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. JST (Jurnal Sains Terapan), 2(1), 40–47. https://doi.org/10.32487/jst.v2i1.118. Diakses pada 10 Juli 2022

Anastasi, A., & Urbina, S. (2007). Tes Psikologi (Psychological Testing). PT. Prehanllindo. Diakses pada 10 Juli 2022

Atmaja, R., Ramantha, I. W., & Suartana, I. W. (2017). Pengaruh Minat Belajar Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(2017), 2021–2046. Diakses pada 10 Juli 2022

Aulia, P. G., Cahyono, D., & Nuha, G. A. (2020). Tingkat Pemahaman Akuntansi Berdasarkan Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual. Journal of Business, Management and Accounting, 2, 151–156. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/budgeting.v2i1.1233. Diakses pada 17 Juli 2022

Azis, S. N. (2021). Tingkat Kecerdasan, Perilaku Belajar, dan Kompetensi Dosen dalam Peningkatan Pemahaman Akuntansi (Sarana Pendidikan sebagai Pemoderasi). JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 8(2), 142–158. https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2540. Diakses pada 17 Juli 2022

Baradja, L., & Oktaviani, A. A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Mahasiswa Dan Metode Pengajaran Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(1), 41–50. https://doi.org/10.25105/jat.v8i1.8669. Diakses pada 20 Juli 2022

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar (Ed. rev). Rineka Cipta. Diakses pada 20 Juli 2022

Fadila, D. O., & Listiadi, A. (2016). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi, Matematika Ekonomi Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 03(6), 1–8. Diakses pada 20 Juli 2022

Fanikmah, D. A. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(7), 1–16. Diakses pada 4 Agustus 2022

Goleman, D. (2003). Emotional Intelligence. In Psychology. PT. Gramedia Pustaka Utama. Diakses pada 15 Februari 2022

Horri, M., & Handayani, A. E. (2018). Kecerdasan, Pengaruh Terhadap, Emosional Pemahaman, Tingkat Pada, Akuntansi Akuntansi, Mahasiswa Universitas, D I. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 2(September), 86–98. Diakses pada 4 Agustus 2022

Irwansyah, M. R. (2013). Pengaruh Hasil Belajar Dasar-dasar Akuntansi, Matematika Ekonomi dan Bisnis dan Minat Terhadap Pemahaman Akuntansi yang Dikategorikan Berdasarkan Gaya Belajar. Ika, 58–72. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1990. Diakses pada 4 Agustus 2022

Laksmi, R. A., & Sujana, K. I. (2017). Pembangunan Negara. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21, 13731399. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i02.p19. Diakses pada 4 Agustus 2022

Mahmud, M. D. bin. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Emosional , Dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiya Maluku Utara. Jurnal Akuntansi, 6(1), 24–35. Diakses pada 4 Agustus 2022

Matapere, N. M., & Nugroho, P. I. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 257–270. Diakses pada 4 Agustus 2022

Melasari, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Islam Indragiri. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 24–34. https://doi.org/10.32520/jak.v10i1.1645. Diakses pada 4 Agustus 2022

Mispiyanti, M., & Kristanti, I. N. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Di Stie Putra Bangsa Kebumen. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 16(01), 80–99. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v16i01.83. Diakses pada 4 Agustus 2022

Mulyadi, A., & Rozak, M. A. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Profesionalisme Dosen Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Journal of Accounting Science, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.21070/jas.v3i1.2535. Diakses pada 15 Februari 2022

Nuraini, F. (2017). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dasar Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating. Journal of Accounting Science, 1(2), 93–118. https://doi.org/10.21070/jas.v1i2.892. Diakses pada 4 Agustus 2022

Pangestu, A. A. B., Rispantyo, & Kristianto, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi, 21(1), 1546–1554. Diakses pada 10 Agustus 2022

Pasek, N. S. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.23887/jia.v1i1.9983. Diakses pada 10 Agustus 2022

Rokhana, L. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38. Diakses pada 10 Agustus 2022

Rusmiani, N. K. A., & Widanaputra, A. A. G. P. (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia ABSTRAK PENDAHULUAN Pendidikan akuntansi khususnya pendidikan tinggi akuntansi yang diselenggarakan di pe. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20, 959–985. Diakses pada 10 Agustus 2022

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Ed.Rev. ce). Rineka Cipta. Diakses pada 15 Februari 2022

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta., 2013. Diakses pada 15 Februari 2022

Wahyudi, P. H. P., & Ratna Sari, M. M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Fasilitas Belajar dan Kompetensi Dosen Terhadap Persepsi Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 29(3), 1083. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i03.p13. Diakses pada 10 Agustus 2022

Wardani, N. W. R., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. Akuntansi Universitas Udayana Vol.20.2., 20(2), 1133–1161. Diakses pada 10 Agustus 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v16i2.499

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2023 Paskah Ika Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.