THE EFFECT OF EMOTIONAL INTELLIGENCE, INTELLECTUAL INTELLIGENCE AND LEARNING INTEREST ON THE LEVEL OF ACCOUNTING UNDERSTANDING
Abstrak
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of emotional intelligence, intellectual intelligence, and student interest in learning on the level of accounting understanding. This research is a quantitative study with a population of SWCU FEB students from the accounting study program who are still active. Survey method technique is used from 100 students questionnaire data collected and then distributed via email, and other social media using the google form. The analysis technique in this study uses multiple regression techniques. The results of this study indicate that emotional intelligence, intellectual intelligence and interest in learning have a significant positive effect on the level of accounting understanding.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan minat belajar mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa FEB UKSW prodi akuntansi yang masih aktif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik metode survey yang didapatkan dari kuesioner 100 mahasiswa yang dikumpulkan kemudian disebarkan melalui email, dan media sosial lainnya menggunakan google form. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
AkbariLakeh, M., Naderi, A., & Arbabisarjou, A. (2018). Critical Thinking and Emotional Intelligence Skills and Relationship with Students’ Academic Achievement. La Prensa Medica, 104(2). https://doi.org/10.4172/lpma.1000280. Diakses pada 10 Juli 2022
Anam, H., & Ardillah, L. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. JST (Jurnal Sains Terapan), 2(1), 40–47. https://doi.org/10.32487/jst.v2i1.118. Diakses pada 10 Juli 2022
Anastasi, A., & Urbina, S. (2007). Tes Psikologi (Psychological Testing). PT. Prehanllindo. Diakses pada 10 Juli 2022
Atmaja, R., Ramantha, I. W., & Suartana, I. W. (2017). Pengaruh Minat Belajar Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(2017), 2021–2046. Diakses pada 10 Juli 2022
Aulia, P. G., Cahyono, D., & Nuha, G. A. (2020). Tingkat Pemahaman Akuntansi Berdasarkan Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual. Journal of Business, Management and Accounting, 2, 151–156. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/budgeting.v2i1.1233. Diakses pada 17 Juli 2022
Azis, S. N. (2021). Tingkat Kecerdasan, Perilaku Belajar, dan Kompetensi Dosen dalam Peningkatan Pemahaman Akuntansi (Sarana Pendidikan sebagai Pemoderasi). JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 8(2), 142–158. https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2540. Diakses pada 17 Juli 2022
Baradja, L., & Oktaviani, A. A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Mahasiswa Dan Metode Pengajaran Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(1), 41–50. https://doi.org/10.25105/jat.v8i1.8669. Diakses pada 20 Juli 2022
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar (Ed. rev). Rineka Cipta. Diakses pada 20 Juli 2022
Fadila, D. O., & Listiadi, A. (2016). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi, Matematika Ekonomi Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 03(6), 1–8. Diakses pada 20 Juli 2022
Fanikmah, D. A. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(7), 1–16. Diakses pada 4 Agustus 2022
Goleman, D. (2003). Emotional Intelligence. In Psychology. PT. Gramedia Pustaka Utama. Diakses pada 15 Februari 2022
Horri, M., & Handayani, A. E. (2018). Kecerdasan, Pengaruh Terhadap, Emosional Pemahaman, Tingkat Pada, Akuntansi Akuntansi, Mahasiswa Universitas, D I. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 2(September), 86–98. Diakses pada 4 Agustus 2022
Irwansyah, M. R. (2013). Pengaruh Hasil Belajar Dasar-dasar Akuntansi, Matematika Ekonomi dan Bisnis dan Minat Terhadap Pemahaman Akuntansi yang Dikategorikan Berdasarkan Gaya Belajar. Ika, 58–72. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1990. Diakses pada 4 Agustus 2022
Laksmi, R. A., & Sujana, K. I. (2017). Pembangunan Negara. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21, 13731399. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i02.p19. Diakses pada 4 Agustus 2022
Mahmud, M. D. bin. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Emosional , Dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiya Maluku Utara. Jurnal Akuntansi, 6(1), 24–35. Diakses pada 4 Agustus 2022
Matapere, N. M., & Nugroho, P. I. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 257–270. Diakses pada 4 Agustus 2022
Melasari, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Islam Indragiri. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 24–34. https://doi.org/10.32520/jak.v10i1.1645. Diakses pada 4 Agustus 2022
Mispiyanti, M., & Kristanti, I. N. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Di Stie Putra Bangsa Kebumen. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 16(01), 80–99. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v16i01.83. Diakses pada 4 Agustus 2022
Mulyadi, A., & Rozak, M. A. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Profesionalisme Dosen Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Journal of Accounting Science, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.21070/jas.v3i1.2535. Diakses pada 15 Februari 2022
Nuraini, F. (2017). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dasar Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating. Journal of Accounting Science, 1(2), 93–118. https://doi.org/10.21070/jas.v1i2.892. Diakses pada 4 Agustus 2022
Pangestu, A. A. B., Rispantyo, & Kristianto, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi, 21(1), 1546–1554. Diakses pada 10 Agustus 2022
Pasek, N. S. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.23887/jia.v1i1.9983. Diakses pada 10 Agustus 2022
Rokhana, L. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38. Diakses pada 10 Agustus 2022
Rusmiani, N. K. A., & Widanaputra, A. A. G. P. (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia ABSTRAK PENDAHULUAN Pendidikan akuntansi khususnya pendidikan tinggi akuntansi yang diselenggarakan di pe. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20, 959–985. Diakses pada 10 Agustus 2022
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Ed.Rev. ce). Rineka Cipta. Diakses pada 15 Februari 2022
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta., 2013. Diakses pada 15 Februari 2022
Wahyudi, P. H. P., & Ratna Sari, M. M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Fasilitas Belajar dan Kompetensi Dosen Terhadap Persepsi Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 29(3), 1083. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i03.p13. Diakses pada 10 Agustus 2022
Wardani, N. W. R., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. Akuntansi Universitas Udayana Vol.20.2., 20(2), 1133–1161. Diakses pada 10 Agustus 2022
DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v16i2.499
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c) 2023 Paskah Ika Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA
Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
TERINDEKS :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.