STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PELAKU UMKM BINAAN RUMAH BUMN PURWOKERTO MELALUI ORIENTASI PASAR DAN INOVASI

Puspita Lianti Putri, Kartika Dwi Chandra Sari

Abstrak


Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan usaha yang berkontribusi besar dalam perekonomian nasional. Salah satu kunci untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuan UMKM untuk menciptakan keunggulan bersaing. Strategi yang umum bisa digunakan UMKM  yaitu dengan orientasi pasar dan inovasi. Peneitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing dengan orientasi pasar dan inovasi yang telah dilakukan oleh pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan kuesioner dan wawancara langsung terhadap responden pengelola UMKM. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi dan orientasi pasar secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.


Kata Kunci


Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar, Inovasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan Bersaing Ukm Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 193. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.256

Cravens W., D. dan N. F. P. (2013). Strategic Marketing. 10th Edition (McGraw-Hil).

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. Konsep Bisnis Dan Manajemen.

Fandy Tjiptono. (2016). Pemasaran Strategik. Andi Offset.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah Dan Usaha Besar Tahun 2017 - 2018. Www.Depkop.Go.Id. http://www.depkop.go.id/data-umkm

Michael E. Porter. (2008). Competitive Advantage. Karisma.

Ni Made Putri Dewi, N. W. E. (2017). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memidiasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 6 No.9, 4947–4977.

Pardede, P. M. (2011). Manajemen Strategik Dan Kebijakan Perusahaan. Mitra Wacana Media.

Philip Khotler, G. A. (2018). Principle of Marketing (17th ed.). Pearson.

Philip Kotler. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i2.323

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Puspita Lianti Putri, Kartika Dwi Chandra Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.