ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN REVIEW BEAUTY VLOGGER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK
Abstrak
Beragamnya peredaran produk kosmetik di pasar mendorong beberapa perusahaan kosmetik untuk saling bersaing satu sama lain melalui strategi peningkatan kualitas produk dan kerjasama dengan beauty vlogger. Perusahaan bersaing agar produk andalannya mampu menarik minat beli konsumen dan menguasai pangsa pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari kualitas produk dan ulasan produk yang diberikan oleh beauty vlogger terhadap keputusan membeli produk kecantikan Scarlett. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner secara daring melalui google formulir kepada 100 responden sebagai sampel. Data primer yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan diolah menggunakan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk dan ulasan produk berpengaruh positif terhadap keputusan membeli. Hasil penelitian memberikan implikasi bagi perusahaan kosmetik untuk meningkatkan kualitas produk dan bekerja sama dengan beauty vlogger yang dipersepsikan baik serta dikenal oleh konsumen. Dengan menerapkan strategi tersebut, diharapkan agar keputusan pembelian konsumen terhadap produk dapat ditingkatkan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arista, L., & Lasmana, H. (2019). PENGARUH REVIEW OLEH SARAH AYU PADA PRODUK KECANTIKAN DI YOUTUBE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK. Scriptura, 9(1). https://doi.org/10.9744/scriptura.9.1.26-34
Devi Marta Dwi .L, Theresia Pradiani, I. K. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Di Blitar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Dewi, M. (2017). Analisis Perbandingan Kualitas Produk Dan Harga Pada Sepatu Nike Dan Adidas Di Bandar Lampung. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 11–21.
Gain, R., & dkk. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(2), 142–150.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42.
Jackson R.S. Weenas. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jackson R.S. Weenas - KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED COMFORTA, 1(4), 607–618. https://doi.org/2303-1174
Khoir, A., & Chairy, C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Khusus Pria di Online Shop elvicto.id. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 123. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i2.11179
Khusuma, D. T., & Utomo, H. (2021). Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Venice Pure Aesthetic Clinic Salatiga. Among Makarti, 13(2), 78–88. https://doi.org/10.52353/ama.v13i2.199
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568
Ningtyas, M. (20014). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Rabiah, A. S., Dhyan Parashakti, R., Mahfud, I., & Adha, S. (2019). Online Consumer Review and Beauty Influencer on Cosmetics Purchase Intention of Indonesian Female Consumers. Journal of Business, Management, and Accounting, 1(1), 34–47.
Rosanti, N., Karta Negara Salam, & Panus. (2021). The Effects of Brand Image and Product Quality on Purchase Decisions. Quantitative Economics and Management Studies, 2(6), 365–375. https://doi.org/10.35877/454ri.qems360
Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 881–890.
Setyani, A. H., & Azhari, M. Z. (2021). Pengaruh Korean Wave Dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(58), 67–74.
Silfiani, Y. Y., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amdk Java. Among Makarti, 10(20), 37–54.
Tjahjono, E. J., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2021). Product Quality and Brand Image Towards Customers’ Satisfaction Through Purchase Decision of Wardah Cosmetic Products in Surabaya. Journal of Entrepreneurship & Business, 2(1), 56–70. https://doi.org/10.24123/jeb.v2i1.4023
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tumbel, N. A. M. T. M., & Walangitan, O. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Productivity, 2(4), 272–275.
DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i1.243
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c) 2022 Sonia Aprilia Saputri, Ivo Novitaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA
Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
TERINDEKS :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.