FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI OLEH CALON MAHASISWA STMIK AMIKOM SURAKARTA
Abstrak
ABSTRACT
This research aims to detect the impact simultaneously and independently of the 7P marketing mix variables on prospective students' decisions in choosing STMIK AMIKOM Surakarta as a place to study, as well as what variables have the most significant impact. The explanatory research method with a quantitative approach is used. The sample is active students in the 2nd semester of the 2022/2023. Cronbach's Alpha 0.878 means the questionnaire is reliable. A positive impact is found simultaneously on the product, price, promotion, place, people, process, and physical evidence on the decision of prospective students to choose STMIK AMIKOM Surakarta as a place to study. Independently, price, promotion, people, and process positively impact prospective students' decision to choose. The place has a negative impact on choosing decisions. Product and physical evidence do not have an independent impact on choosing decisions. Promotion is the variable that has the most significant impact on choosing decisions. This means promotions influence most prospective students who register as new students at STMIK AMIKOM Surakarta. R2 is 0.583, meaning that 58.3% of prospective students' decisions to choose STMIK AMIKOM Surakarta as a place to study is determined by product, price, promotion, place, people, process, and physical evidence.
ABSTRAK
Riset ini bertujuan mendeteksi imbas secara serentak maupun mandiri variabel-variabel bauran pemasaran 7P terhadap keputusan calon mahasiswa dalam memilih STMIK AMIKOM Surakarta sebagai tempat kuliah, serta variabel apa yang paling signifikan berimbas terhadap keputusan calon mahasiswa. Digunakan metode explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sample adalah mahasiswa/i aktif semester 2 tahun akademik 2022/2023. Cronbach’s Alpha 0.878 berarti kuesioner andal. Ditemukan imbas positif secara serentak variabel-variabel bebas bauran pemasaran product, price, promotion, place, people, process, serta physical evidence terhadap variabel terikat keputusan calon mahasiswa memilih STMIK AMIKOM Surakarta sebagai tempat kuliah. Secara mandiri masing-masing variabel bebas bebas price, promotion, people, serta process berimbas positif terhadap variabel terikat keputusan calon mahasiswa memilih STMIK AMIKOM Surakarta sebagai tempat kuliah. Sementara itu variabel bebas place memiliki imbas negatif terhadap variabel terikat keputusan memilih. Sedangkan variabel-variabel bebas product dan physical evidence tidak berimbas secara mandiri terhadap variabel terikat keputusan memilih. Promotion merupakan variabel yang paling signifikan berimbas terhadap keputusan memilih. Berarti sebagian besar calon mahasiswa yang mendaftar sebagai mahasiswa baru STMIK AMIKOM Surakarta terpengaruh promosi yang dilakukan pihak kampus. R2 sebesar 0.583, berarti 58.3% keputusan calon mahasiswa memilih STMIK AMIKOM Surakarta sebagai tempat kuliah ditentukan oleh product, price, promotion, place, people, process serta physical evidence.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Devi, L. R., Susantiningrum, Akbarini, N. R., Kurniawati, D. Y., & Yudhistira, B. (2022). Analisis Marketing Mix 7P untuk Penciptaan Nilai Usaha Bidang Jasa pada Program Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.30395
Dewi, P. N., Hendriyani, C., & Ramdhani, R. M. (2021). Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. JIP ( Jurnal Industri Dan Perkotaan ), 17(2), 6–13. https://doi.org/10.31258/jip.17.2.6-13
Effendy, A. A. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah FEASIBLE Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, 1(1), 79–95.
Hanggraito, A. A., Wiratama, A. S., & Saifuddien, R. A. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran 7P Museum Batik Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(2), 72–83. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.50
Hukama, L. D. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Dan Faktor Sosial. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2), 45–68.
Indriyati, I. N., Daryanto, A., & Oktaviani, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Persepsi Konsumen PT Home Credit Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 261–270.
Irawan, A., & Faisal, I. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Progam Studi (Studi pada Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Bisnis di Politeknik Negeri Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 2(2), 155–170.
Ismanto, J. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pada Unsur-Unsur Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi IPWIJA Program S2 (Pasca Sarjana). Jurnal Ilmiah Econosains, 15(1), 121–139.
https://doi.org/10.55963/jumpa.v4i2.208
Karsa, A. H. A. N. (2020). Strategi Pemasaran Pada AMIK Bumi Nusantara Cirebon. Equivalent : Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 2(1), 1–10. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Lashwaty, N. D., Widiati, I. S., & Nurhidayanto. (2023). TERHADAP PEMILIHAN KELOMPOK BERMAIN / TAMAN-KANAK-KANAK. JURNAL STIE SEMARANG, 15(2), 229–243.
Malarangan, H., Salim, M., & Haekal, A. (2020). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 75–88. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i2.33.75-88
Mulyadi, A., Supriyanto, E., Muthoifin, & Shobron, S. (2020). Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Dengan Strateg Bauran Pemasaran Untuk Kepuasan Pelanggan Pada Smp Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas Dan Smpit Muhammadiyah an Najah Jatinom Klaten. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 121–128.
https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11654
Ningsih, D. D. S., & Maika, M. R. (2020). Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 693–702. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1464
Rahimah, H. G., Hartana, P., & Prihartono. (2021). Kinerja Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Survey Mahasiswa Politeknik PIKSI GANESHA). JIMEA Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 2183–2193.
Risdwiyanto, A., & Kurniyati, Y. (2015). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta Berbasis Rangsangan Pemasaran. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 5(1), 1–23. https://doi.org/10.30588/jmp.v5i1.142
Suciati, P., & Maulidiyanti, M. (2019). Kekuatan 7P Bauran Pemasaran Terhadap Pilihan Mahasiswa Berkuliah Di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(2), 11–21. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i1.61
Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang Bsd Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 7–13. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.473
Wilman, M. A., Amir Mahfuzh, M., Ervan Firdaus, M., Fithyan, M., Rifqi Muzakki, M., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2020). Analisis Aspek Pemasaran Segmentation, Targeting, Brand Positioning Dan Bauran Pemasaran Pada Cocoes Indonesia. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(1), 28–43. www.shopee.com/cocoes.id
DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v16i2.544
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c) 2023 Nina Dewi Lashwaty, Muhammad Nur Juniadi, Ina Sholihah Widiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA
Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
TERINDEKS :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.