EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN HAJI DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG

Minggir Rahma Nuraini, Syafrudin Arif Marah Manunggal

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  perkembangan jumlah nasabah tabungan haji di Bank Muamalat KCP Tulungagung yang mengalami fluktuasi disebabkan efek dari pandemi covid serta adanya persaingan antar bank syariah lain. Pemasaran produk tabungan haji di Bank Muamalat KCP Tulungagung menerapkan strategi pemasaran dengan mengimplementasikan strategi bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran serta ke efektivitasannya  terhadap peningkatan jumlah nasabah tabungan haji yang terjadi di Bank Muamalat KCP Tulungagung. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dimana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran yang dilakukan Bank Muamalat KCP Tulungagung menggunakan 7P (product, place, price, promotion, people, process, physical avidance) terbuktif efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji. Hal ini berdasarkan pengukuran efektivitas terhadap pencapaiaHajijuan yang efektif  berdasarkan 3 kriteria yaitu, pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi.


Kata Kunci


Efektivitas, Bauran Pemasaran, Tabungan Haji

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrisa, H., & Nasution, M. I. F. (2020). Pengaruh Fitur Tabungan Mabrur Junior Terhadap Nasabah Di Bawah Usia 17 Tahun. Jurnal Banque Syar’i, 6(2), 191–196. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/bs/article/view/2399

Amanat, Q. A. (2022). Efektivitas Implementasi Produk Tabungan iB Hijrah Haji Sebagai Upaya Menghadapi Daftar Tunggu Calon Jemaah Haji ( Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri-Jawa Timur). Skripsi tidak diterbitkan, Prgram Studi Perbankan Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagug.

Antonio, M. S. (2001). BANK SYARIAH Dari Teori Ke Praktik. GEMA INSANI PRESS.

Daulay, A. N. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Produk Tabungan Haji Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Human Falah, 4(1), 106–136. https://library.unismuh.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/ZGQyMDAwY2NhMjZhZWJiNmEwOGQ1Y2ZiOWU4OTA5MTA1YmM0ZTkzNA==.pdf

Dipta Kharisma, T. Y. (2017). Efektivitas Organisasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/16214/15641

Febriyanto, M. A. (2021). Efektivitas Strategi Pemasaran Dalam Produk Ib Hijrah Haji Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri. Skirpsi tidak diterbitkan, Program Studi Perbankan Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Gozali, A. (2004). Halal, Berkah, Bertambah (Mengenal dan Memilih Produk Investasi Syariah) Keuangan Syariah. PT Elex Media Komputindo.

Hafizd, J. Z. (2021). Inklusif : Jurnal Pengkajian Penelitian Analisa Produk Tabungan Ib Hijrah Haji Dengan Akad Wadi ’ Ah Yad. Jurnal Pengkajian Penelitian Ekonomi Dan Hukum Islam, 6(1), 94–108.

Hendrayani, E. (2021). Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep) (Hartini (ed.)). CV MEDIA SAINS INDONESIA.

Ikhsan, N., Riyaldi, R., Bella, S., & Blansiski, S. (2022). Mekanisme Tasbih ( Tabungan Siap Beribadah Haji ) Pada PT . Bank Sumsel Babel Cabang Pembantu Pasar 16 Ilir. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(1), 10. https://jim.stebisigm.ac.id/index.php/jimpa/article/view/47

Jannah, A. R. (2018). Implementasi Marketing Mix (7P’S) Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Rahn Di Pegadaian Syariah Kantor Cabnang Sidoarjo. Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Ekonomi Syariah, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Lisapaly, D. C. . (2020). Pengetahuan Berkarakter Bagi Personal Banker ( Pendekatan Pemasaran Bank). CV MEDIA SAINS INDONESIA.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaran jasa: Berbasis kompetensi, Edisi 3 (Ed 3). SALEMBA EMPAT.

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. ANDI.

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen PemasaranBuku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. CV MEDIA SAINS INDONESIA.

Rahmawati, C. (2022). Penerapan Strategi 7P Terhadap Minat Nasabah Dalam Pembiayaan Mudharabah ( Studi Kasus Pada BMT Sahara Bolorejo Kauman Kabupaten Tulungagung dan KSPPS Al-Madani Panggungrejo Kabupaten Tulungagung). Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Perbankan Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Ravi Akbar, M., & Jannah, N. (2022). Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Muamalat Haji pada PT Bank Muamalat Indonesia KCP Rantauprapat. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 1189–1193. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/3427/1188

Reksa, H., Harjono, & Panjaitan, F. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Marketing Mix 7P Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada Puncak Mall di Sungailiat). Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (JIPMB), 23(2), 11–24. https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/317

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (cet. 1). Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sukarta, M., Studi, P., Fakultas, M., & Bosowa, U. (2017). Analysis of marketing strategy effectiveness of customers increasing at pt. bpr hasamitra makassar. Jurnal Riset Edisi Xv, 3(004), 142–155.




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v16i1.448

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2023 Minggir Rahma Nuraini, Syafrudin Arif Marah Manunggal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.