DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR SELATAN SALATIGA TERHADAP PERKEMBANGAN UKM DI SEKITAR JALAN LINGKAR SELATAN SALATIGA

Muhamad Roziqin Herianto, Hardi Utomo

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pembangunan Jalan Lingkar Selatan Salatiga terhadap kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat di sekitarnya pada khususnya dan kota Salatiga pada umumnya, melalui UKM yang tumbuh dan berkembang di Jalan Lingkar Selatan Salatiga. Serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Jalan Lingkar Selatan Salatiga. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian Kualitatif, karena dengan menggunakan metode ini penulis dapat menggambarkan fakta saat ini dari suatu subyek dan obyek, yang berkaitan dengan opini, kejadian, atau prosedur. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh melaluis studi lapangan dengan wawancara dan pengamatan langsung di lapangan. Data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti. Setelah mendapatkan data yang diperlukan data dioleh dan dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif.

Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa faktor yang menjadi alasan berkembangnya UKM di sekitar jalan Lingkar Selatan Salatiga karena banyak masyarakat yang melihat peluang yang ada untuk berusaha, selain itu juga karena adanya pangsa pasar yang besar dengan adanya para penggiat aktivitas di Jalan Lingkar Selatan. Dengan adanya hal ini mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar, karena akan menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan perekonomian yang berarti meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan kendala yang dihadapi Usaha Kecil dan Menengah meliputi : persaingan yang ketat antara penjual, modal yang terbatas, terbatasnya sarana dan prasarana usaha, kurangnya keahlian dari pelaku UKM, dan ancaman penertiban oleh pihak berwenang.

Kesimpulan yang dapat ditarik adalah adanya proyek Jalan Lingkar Selatan Salatiga ini berdampak pada berkembangnya UKM di sekitar Jalan Lingkar Selatan Salatiga.

Kata Kunci : Usaha Kecil dan Menengah, Pembangunan Jalan Lingkar Selatan Salatiga


Teks Lengkap: PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright : Jurnal Ilmiah Among Makarti 2013