PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CSR DAN GCG SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Dewi Widyaningsih, Heni Susilowati, Myra Andriana

Abstrak


Tujuan penelitian  yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, firm size terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR dan GCG sebagai variabel moderating untuk perusahaan terdaftar pada indeks LQ45 periode 2017 – 2019. Sampel penelitian terdiri dari 45 perusahaan dan terpilih secara purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengolahan datanya menggunakan SPSS. Penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan secara simultan  profitabilitas(ROA), leverage(DER)dan firm size(Size)berpengaruh terhadap nilai perusahaan(PBV). Dan secara parsial, leverage dan firm size ada pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, untuk profitabilitas ada pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadpa nilai perusahaan. Pada metode uji interaksi Moderate Regression Analysis(MRA) untuk analisis variabel moderating menunjukkan hasil secara simultan pengaruh CSR dan GCG dapat memoderasi pengaruh leverage serta fim size terhadap nilai perusahaan. Namun, hasil berbeda memperlihatkan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.


Kata Kunci


Manajemen Keuangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arindita, G. (2015). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Dan Size Terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Management, 4, 1–11. http://doi.wiley.com/10.1002/9781119081418.part5

Ayu, K., & Setiadewi, Y. (2012). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia dengan Herawati ( 2012 ) yang membuktikan profitabilitas secara signifikan. Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan, 596–609.

Bimantara, H. (2020). PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-20. 95.

Chumaidah, & Priyadi, M. P. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(3), 1–20. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/download/116/113

Demise, N. (2006). OECD principles of corporate governance. Corporate Governance in Japan: From the Viewpoints of Management, Accounting, and the Market, 109–117. https://doi.org/10.1007/978-4-431-30920-8_10

Ekadjaja, L. dan. (2017). Pengaruh Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial dan Arus Kas Bebas sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi, 22, 1.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS (Edisi Ketu). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gustiandika, T., & Hadiprajitno, P. B. (2014). TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Jl . Prof . Soedharto SH Tembalang , Semarang 50239 , Phone : + 622476486851. Diponegoro Journal Of Accounting, 3(2), 1–12.

Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 10(2), 333–348. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (2019). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Corporate Governance: Values, Ethics and Leadership, 77–132. https://doi.org/10.4159/9780674274051-006

Jogiyanto, H. (2014). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi Kese). BPFE.

Kartika Dewi, N. P. I., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 3028. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p16

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Variabel kepemilikan institusional diproksikan dengan INST sebagai berikut: Riskesdas 2018, 3, 103–111.

Keown. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Kedua). Salemba Empat.

Kepramareni, I. K. S. D. P., & Yuliastuti, I. A. N. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Lestari, L. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(September), 293–306. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2is1.62

Luthfiah, A. A., & Suherman, S. (2018). The Effects Of Financial Performance Toward Firm Value With Ownership Structure As Moderating Variable (The Study On Manufacturing Companies Listed In Indonesia Stock Exchange In The Period Of 2012-2016). Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 2(1), 18–27. https://doi.org/10.21009/jobbe.002.1.03

Mery, K., Zulbahridar, Z., & Kurnia, P. (2017). Pengaruh Likuiditas, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 2000–2014.

Munawaroh, A., & Priyadi, M. P. (2014). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 3, 4.

Pratiwi, N., & Rahayu, S. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia yang memiliki skor Corporate Governance. E-Proceeding of Management, 2(3), 3146. http://uml.idm.oclc.org/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=c8h&AN=106550075&site=ehost-live

Rahmadani, F. D., & Rahayu, S. M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahan Perbankan Yang Terdaftar Pada BEI Periode 2013-2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1), 173–182.

Raningsih, N. K., & Artini, L. G. S. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia PENDAHULUAN Manajemen perusahaan memiliki tujuan utama yaitu memaksimalka. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(8), 1997–2026.

Rustan, Said, D., & Rura, Y. (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan: Kualitas Laba dan Kebijakan Hutang sebagai Variabel Intervening. Jurnal Analisis, 3(1), 32–39.

Sholekah, F. W., & Venusita, L. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Firm Size, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 795–807.

Sunarwijaya, I. K. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional Pada Hubungan Positif Antara Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 93–108. https://doi.org/10.23887/jia.v1i2.9986

Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi, X(2), 65–85.

Suwardika, I., & Mustanda, I. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. None, 6(3), 254488.

Syarifudin, A. (2020). PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAAHAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2018. 2507(February), 1–9.

Umi Mardiyati, G. N. A. (2012). Terhadap, Profitabilitas Perusahaan, Nilai Terdaftar, Yang Bursa, D I Indonesia, Efek Periode, B E I. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1), 1–17.

Wasista, I. P. P., & Asmara Putra, I. N. W. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 29(3), 928. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i03.p02

Wirianata, H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Dengan Moderasi GCG. Jurnal Ekonomi, 24(3), 468. https://doi.org/10.24912/je.v24i3.610

Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 1278–1311.




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i3.303

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Dewi Widyaningsih, Heni Susilowati, Myra Andriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.