PENGARUH KOMPENSASI INTRINSIK DAN KOMPENSASI EKSTRINSIK TERHADAP KEPUASAN KERJA DOSEN PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

Edi Murgijanto

Abstrak


Abstrak

Dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMA Salatiga harus melibatkan para dosennya melalui aktivitas- aktivitas yang meliputi bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi).

Oleh karena itu diperlukan pengelolaan yang tepat tentang kompensasinya, baik kompensasi intrinsik maupun kompensasi ekstrinsik agar para dosen dapat bekerja dengan kepuasan kerja yang lebih tinggi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompensasi intrinsik dan kompensasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi STIE AMA Salatiga dalam mengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan kepuasan kerja dosen. Serta diharapkan berdampak pada pencapaian Fungsi, Visi, Misi dan Tujuan STIE AMA Salatiga.  Berdasarkan hasil analisis data, peneliti dapat menarik kesimpulan tentang pengaruh kompensasi intrinsik dan kompensasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja dosen STIE AMA Salatiga sebagai berikut:

Hasil penelitian dengan analisis regresi berganda diperoleh sebagai berikut:

1) Diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 21,757 + 0,386 X1 + 0,692 X2. 2) Hasil uji t: a) Variabel kompensasi intrinsik: nilai thitung lebih besar daripada ttabel (2,555  > 2,074), b) Variabel kompensasi ekstrinsik: thitung lebih besar daripada ttabel (2,763  > 2,074), 3) Hasil uji F: nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel (12,349 > 3,44), 4) Nilai koefisien determinasi (R Square)= 0,529.

Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Hipotesis I, dan II dapatditerima karena nilai thitung> ttabel (2,074), 2) Hipotesis III dapat diterima karena nilai Fhitung (12,349) > Ftabel (3,44), 3) Besarnya nilai koefisien determinasi (R Square) = 0,529, hal ini berarti variabel independen kompensasi intrinsik (X1) dan kompensasi ekstrinsik (X2) dapat menjelaskan variabel dependen kepuasan kerja dosen (Y) sebesar 52,9 % sedang sisanya 47,1 % dijelaskan oleh sebab faktor lain yang tidak diteliti.  Saran dalam penelitian ini adalah ada baiknya apabila pihak STIE AMA Salatiga dan Yayasan berusaha meningkatkan kompensasi Ekstrinsik secara khusus tanpa melupakan peningkatan kompensasi intrinsik guna meningkatkan kepuasan kerja dosen STIE AMA Salatiga.

 

Kata kunci : Kompensasi Intrinsik, Kompensasi Ekstrinsik, Kepuasan Kerja Dosen.


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v6i1.82

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2014 Edi Murgijanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.