PENGARUH KEBUTUHAN PRESTASI, KEBUTUHAN AFILIASI DAN KEBUTUHAN KEKUASAAN TERHADAP SEMANGAT KERJA DOSEN PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

Edi Murgijanto

Abstrak


Abstrak

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga dalam mencapai tujuan harus melibatkan para dosen melalui aktivitas-aktivitas yang bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (Tridharma Perguruan Tinggi). Oleh karena itu diperlukan pengelolaan yang tepat terkait kebutuhan para dosen, baik kebutuhan prestasi, kebutuhan afiliasi maupun kebutuhan kekuasaan agar para dosen dapat bekerja dengan semangat kerja yang lebih tinggi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kebutuhan prestasi, kebutuhan afiliasi dan kebutuhan kekuasaan terhadap semangat kerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti dapat menarik kesimpulan tentang pengaruh kebutuhan prestasi, kebutuhan afiliasi dan kebutuhan kekuasaan terhadap semangat kerja dosen STIE AMA Salatiga sebagai berikut:  1) Variabel kebutuhan prestasi mempunyai nilai thitung0,830 < ttabel 2,08, dan variabel kebutuhan kekuasaan mempunyai nilai thitung1,094<ttabel 2,08, hal ini berarti kedua variabel tersebut menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara masing-masing kedua variabel terhadap semangat kerja. 2) Variabel kebutuhan afiliasi mempunyai nilai thitung3,212> ttabel 2,08, hal ini berarti variabel kebutuhan afiliasi menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja. 3) Sedangkan variabel kebutuhan prestasi, kebutuhan afiliasi dan kebutuhan kekuasaan secara simultan mempunyai nilai Fhitung4,770> Ftabel 3,07, hal ini berarti variabel kebutuhan prestasi, kebutuhan afiliasi dan kebutuhan kekuasaan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja. 4) Besarnya nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) = 0,32 hal ini berarti variabel independen kebutuhan prestasi (X1), kebutuhan afiliasi (X2) dan kebutuhan kekuasaan (X3) dapat menjelaskan variabel dependen semangat kerja (Y) sebesar 32 % sedang sisanya 68 % dijelaskan oleh sebab faktor lain yang tidak diteliti.

Saran dalam penelitian ini adalah ada baiknya apabila pihak STIE AMA Salatiga dan Yayasan berusaha meningkatkan kebutuhan afiliasi secara khusus tanpa melupakankebutuhan prestasi dan kebutuhan kekuasaan guna meningkatkan semangat kerja dosen STIE AMA Salatiga.

 

Kata kunci: Kebutuhan Prestasi, Kebutuhan Afiliasi, Kebutuhan Kekuasaan, Semangat Kerja.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v10i1.145

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2017 Edi Murgijanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.