PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN UMKM OLAHAN SINGKONG DAN UBI “YASKA 57” TINGKIR SALATIGA

Tri Widodo, Andri Setyawan

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakngi dengan semakin pesatnya perkembangan UMKM di Salatiga, dan untuk menarik konsumen dibutuhkan kreatifitas dari para pelaku UMUM. Sehingga peran ekonomi kraetif dalam meningkatkan omset dan bahkan pertumbuhan perekonimian nasional cukup tinggi. Objek penelitian ini adalah UMKM pelaku ekonomi kreatif olahan singkong dan UBI Yaska 57 Tingkir Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh dari kualitas produk, harga, promise dan distribusi terhadap kepuasan konsumen, baik secara parsial dan simultan dengan data primer dan sekunder, dengan jumlah populasi 100 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum kualitas produk, harga, promosi dan distribusi yang ada sudah baik. Berdasarkan data yang diperoleh dan hasil olah data dapat dijelaskan kepuasan konsumen tidak di pengaruhi oleh harga, promosi dan distribusi. Kepuasan konsumen ditentukan oleh kualitas produk. Dalam penelitian ini variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independent (kualitas produk, harga, promosi dan distribusi sebesar 68,2% dan 31,8 dijelaskan oleh varaibel bebas diluar penelitian ini. Dengan demikian pelaku UMKM Olahan singkon dan Ubi YAska 57 harus memperkuat dan meningkatkan kualitas produk, karena pada dasarnya kepuasan konsumen ditentukan oleh kualitas produk. Sedangkan harga, promosi, dan distribusi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci


Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananda. 2022. “Ekonomi Pengertian Ekonomi Kreatif: Ciri-Ciri, Jenis, Dan Manfaatnya Bagi Negara Indonesia.” Gramedia Blog.

BPS Kota Salatiga. 2021. “Kecamatan Tingkir Dalam Angka 2021.” 1–158.

Fernando, Made Fajar, and Ni Made Asti Aksari. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7(1):441. doi: 10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17.

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek. Jawa Timur: Qiara Media.

Hendriyani, I. Gusti Ayu. 2022. “UMKM Kembali Jadi Pahlawan Ekonomi Di Tahun 2023.” Menparekraf.

Hernawaty, and Stevhanie Wijaya. 2018. “Pengaruh Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada PT. Capella Dinamik Nusantara Medan.” Ekonomi Dan Bisnis 8(2):69–82.

Hidayat, Ridho Rahmad, and Rayuwanto Rayuwanto. 2022. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Keizai 3(2). doi: 10.56589/keizai.v3i2.292.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan.

Investasi/BKPM, Kementerian. 2022. “Upaya Pemerintah Untuk Memajukan UMKM Indonesia.” Publikasi.

Kotler dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta.

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2016. Principles of Marketing. England.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. “Marketing Managemen Edisi 15.” New Jersy: Pearson Education Internasional.

Madani, Alya. 2022. “Pengertian Ekonomi Kreatif: Ciri, Jenis, Dan

Manfaat Bagi Negara Indonesia.” Gramedia.Com.

Mandey, Jilly Bernadette. 2013. “Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild.” Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild 1(4):9. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Pitaloka, and Aptaguna. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek.” Program Studi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya 3.

Rahayu Tri Astuti, Sri. 2013. “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi Pada Warung Makan ‘Bebek Gendut’ Semarang).” Diponegoro Journal of Management 2(3):1–11.

Ratih. 2020. “Kepuasan Konsumen: Pengertian, Teori, Faktor Dan Indikator.” Tambahpintar.Com.

Trisnawan, Andre Dwi, and Amron. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi Terhadap Loyalitas Konsumen Handphone Samsung Di Semarang.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Yakin, Ainol. 2021. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Air Mineral Kemasan Adeni Di Kabupaten Pamekasan.” Mabny : Journal of Sharia Management and Business 1(01):71–78. doi: 10.19105/mabny.v1i01.4633.




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v16i1.409

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2023 Tri Widodo, Andri Setyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.