PENGARUH E-COMMERCE DAN MOBILE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FACIAL WASH PT. NASA STOCKIST R.2137 BANJARNEGARA PADA MASA PANDEMI COVID 19

Nur Hayati, Novi Rukhviyanti

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis E-Commerce dan Mobile Marketing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan stimultan Terhadap Keputusan pembelian produk facial wash NASA di stokist R.2137. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Commerce dan Mobile Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. E-Commerce dan Mobile Marketing merupakan variabel bebas secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: E-Commerce, Mobile Marketing, Keputusan Pembelian, Covid-19, Natural Nusantara (NASA).


Kata Kunci


E-Commerce, Mobile Marketing, Purchase Decision

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, Christian, Titik Kusmiantini, Yuli Liestyana. 2020. Analisis Aditya, Christian, Titik Kusmiantini, Yuli Liestyana. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penentu Belanja Online. Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 5(2), 130-142.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong & Kotler. (2011). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 (12th ed.). Erlangga.

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak COVID-19. Balanca: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2, 1– 14.

Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona Ellis-Chadwick, 2013, Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice, Pearson Education Limited, London, England.

Databoks.katadata.co.id. 2020. Konsumen beralih Beli Produk Non-Makanan di E-Commerce saat Pandemi Covid-19. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/10/08/konsumen-beralih- beli-produk-non-makanan-di-e-commerce-saat-pandemi-covid-19# (diakses pada 10 maret 2021).

Dewi, N. N. K. A., & Warmika, I. G. K. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, Dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. E-Jurnal Manajemen Udayana, 6(10),5580–5606.

Handayani, Tati., dan Muhammad Anwar Fathoni. 2019. Buku Ajar Manajemen Islam. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH.

Harjati, Lily dan Lusia, Olivia, Sabu G (2014) “Pengaruh Presepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop”. Jurnal

Khasanah, Uswatun. 2020. Pengantar Microteaching. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH.

Kotler, P., & Armstrong, G. T. (2018). Principles of Marketing. UK: Pearson.

Kotler, P. dan K. L. Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi 13, alih bahasa Bob Sabran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management. 15th edition.

United States: Pearson Education.

Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34.

Neger, M., Review, B. U.-C. B., & 2020, U. (2020). Factors affecting consumers’ internet shopping behavior during the COVID-19 pandemic: Evidence from Bangladesh. Researchgate.Net, 19(3), 91–104. https://doi.org/10.17265/1537-1506/2020.03.003

Pantelimon, F.-V., Georgescu, T.-M., & Posedaru, B.-Ş. (2020). The impact of mobile e-commerce on gdp: A comparative analysis between romania and germany and how covid-19 influences the e-commerce activity worldwide. Informatica Economica, 24(2), 27–41.

Salem, M. A., & Md Nor, K. (2020). The Effect Of COVID-19 On Consumer Behaviour In Saudi Arabia: Switching From Brick And Mortar Stores To E-Commerce. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(7), 7. www.ijstr.org

Sardjono, W., Selviyanti, E., Mukhlis, M., & Tohir, M. (2021). Global issues: utilization of e-commerce and increased use of mobile commerce application as a result of the covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1832(1), 12024.

Mahalaxmi, K. R., dan Ranjith, P. (2016). A Study on Impact of Digital Marketing in Customer Purchase Decision in Trichy. International Journal fot Innovative Research in Science and Technoligy, 2(10), 332-338.

Malau. Herman, 2017. Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : ALFABETA.

Mia Chitra Dinisari. (2020). E-commerce Dorong Perekonomian Indonesia, selama Pandemi COVID-19. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210317/02/1228750/e-commerce- dorong-perekonomian-indonesia-selama-pandemi-COVID-19.

Nguyen N, et al. Demographics of sustainable technology consumption in an emerging market: the significance of education to energy efficient appliance adoption. Soc Responsib J. 2019;15(6):803–18.

Payadnya, I Putu A. A., dan I Gusti A. N. T. Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil. JIBEKA, 11(2), 46–53.

Rahmati. 2009. Pemanfaatan E-commerce Dalam Bisnis Di Indonesia http://citozcome.blogspot.com/2009/05/pemanfaatan-e-commerce-

dalam- bisnis-di.html. Diakses tanggal 06 maret 2021.

Saifuddin, M. (2020). Strategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi kasus pada unit bisnis kidpreneuer di Yayasan AL MADINA Surabaya).

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.

Siregar, Riki R. 2010. Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan E-commerce. http://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persaingan- bisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/. Diakses tanggal 01 maret 2021.

Sudaryono, M.Pd, Efana Rahwanto S.Kom, dan Ratna Komala, S.Kom. 2020. E- Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid- 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 200 213.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung : Penerbit CV alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suwarjana, I Ketut. 2016. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Andi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suhrawardi K. Lubis, Hukum Ekonomi Islam, (Jakarta: Sinar Grafika 2004), hal. 170

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjitono Fandy, 2012. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Penerbit Andi-Offset, Yogyakarta

Warta Ekonomi.co.id. 2020. Di Tengah Covid-19 Pemasaran Online dan Digital Branding Jadi Pilihan. https://www.wartaekonomi.co.id/read280988/di- tengah-covid-19-pemasaran-online-dan-digital-branding-jadi-pilihan. #(diakses pada 1 Juni 2021)

Yusup, Deni Kamaludin, Mila Bardiyah, Dedi Suyandi, Vemy Suci Asih. 2020. Pengaruh Bencana Covid 19, Pembatasan Sosial, dan Sistem Pemasaran Online Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk Retail. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1-10.

Yola Putri Ningsih dan Shinta Wahyu Hati, 2017. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Accu Yuasa Yang Dipromosikan Distributor PT. Riau Indotama Abadi Di Batam




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i3.363

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Hayati, Novi Rukhviyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.