PEMBAYARAN DIGITAL SEBAGAI SOLUSI TRANSAKSI DI MASA PANDEMI COVID 19: STUDI MASYRAKAT MUSLIM SOLO RAYA)

Yulfan Arif Nurohman, Rina Sari Qurniawati, Fahri Ali Ahzar

Abstrak


Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk melakukan transaksi non tunai saat pandemi covid-19 melanda Indonesia agar penularan dapat teratasi. Saat ini pemerintah sudah melonggarkan kebijakan terkait penanganan virus covid-19 sehingga masyarakat sudah berangsur melakukan aktivitas secara normal. Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi minat ulang masyarakat menggunakan aplikasi pembayaran non tunai pada masyarakat Muslim di Solo Raya. Adapun sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 responden masyarakat Muslim yang melakukan transaksi non tunai. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisi data yang digunakan menggunakan regresi linier berganda. .Hasil dari pengujian menunjukan bahwa persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, kualitas layanan digital, dan e-trust berpengaruh terhadap minat ulang masyarakat Muslim Solo Raya untuk melakukan transaksi non tunai. Digital payment system dapat diandalkan untuk memudahkan aktivitas masyarakat


Kata Kunci


Digital Payment System, TAM, Muslim.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ABIDIN, M. S. (2015). DAMPAK KEBIJAKAN E-MONEY DI INDONESIA SEBAGAIALAT SISTEM PEMBAYARAN BARU. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-akuntansi/article/view/13212

Adhi Muhammad Daryono. (2021). 5 Jenis Fintech yang Berkembang di Indonesia. Alamisharia.Co.Id. https://alamisharia.co.id/id/hijrahfinansial/5-jenis-fintech-di-indonesia/

AM Liani, Y. (2021). Pengaruh E-Trust terhadap E-Loyalty Dimediasi oleh E- Satisfaction pada Pengguna Dompet Digital Gopay. YUME: Journal of Management, 4(1), 138–149. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/yume.vxix.445

Anggara Wikan Prasetya. (2020). Transaksi Nontunai Jadi Salah Satu Cara Mencegah Penyebaran Covid-19. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2020/05/09/144045726/transaksi-nontunai-jadi-salah-satu-cara-mencegah-penyebaran-covid-19?page=all

Aulia, S. (2020). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.9829

Bangkara, R. P., Putu, N., & Harta, S. (2016). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Ease of Use Pada Minat Penggunaan Internet Banking Dengan Attitude Toward Using Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), 2408–2434. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/download/21551/15419

Bisnis.com, R. A. (2021). BI: Transaksi Digital Meningkat 45,05 Persen Pada Kuartal III. Bisnis.Com. https://finansial.bisnis.com/read/20211020/90/1456320/bi-transaksi-digital-meningkat-4505-persen-pada-kuartal-iii

Danuri, M. (2019). PERKEMBANGAN DAN TRANSFORMASI TEKNOLOGI DIGITAL. Informasi Komputer Akuntansi Dan Manajemen, 15(2). https://doi.org/https://doi.org/10.53845/infokam.v15i2.178

Davis D fred. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Davis, F. . (1989). Perceived usefulness, Perceived Ease of Ise of Information Technology.

Destianti, A. E., Hidayat, A. R., & Srisusilawati, P. (2019). Analisis Faktor Pengaruh Teori Technology Acceptance Model dan Theory Of Planned Beharvior terhadap Minat Pengguna Produk E- Theory Of Planned Beharvior On The Interests Of E-Money ( Go-Pay ) Product Users ( Case Study on Students of the Faculty of Sharia. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 312–319.

Elsa Silaen, B. P. (2019). PERSEPSI MANFAAT SERTA PROMOSI TERHADAP MINAT BELI ULANG SALDO E-WALLET OVO A . Pendahuluan pembelian . Jika dahulu konsumen harus datang langsung ke toko maka saat ini tidak perlu datang ke secara gratis di Google Play Store dan App Store . Perilaku mina. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Bisnis, 8(4), 1–9.

Fitriana, I., Sugiono, A., & Adistya, D. (2020). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap E-Satisfaction (Survei pada Mahasiswa Pengguna OVO di FISIP Universitas Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(4), 172–178.

Fitriani, Y. (2021). ANALISA PEMANFAATAN APLIKASI KEUANGAN ONLINE SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGELOLA ATAU MEMANAJEMEN KEUANGAN. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(2), 454. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i2.432

Gama Putra Brahmanta, & Nuruni Ika Kusuma Wardhani. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko Terhadap Minat Menggunakan Ulang Shopeepay Di Surabaya. Sains Manajemen, 7(2), 97–108. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.3580

Gefen, Karahanna, & Straub. (2003). Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model. MIS Quarterly, 27(1), 51. https://doi.org/10.2307/30036519

Gunawan, F., & Hastuti, H. B. P. (2018). Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Deepublish.

Hanggono, A. A., Handayani, S. R., & Susilo, H. (2015). Analisis Atas Praktek Tam (Technology Acceptance Model) dalam Mendukung Bisnis Online dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis, 26(1), 1–9.

Jogiyanto, H. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi Offset.

Khan, M. A., Zubair, S. S., & Malik, M. (2019). An assessment of e-service quality, e-satisfaction and e-loyalty. South Asian Journal of Business Studies, 8(3), 283–302. https://doi.org/10.1108/SAJBS-01-2019-0016

Kim, D. J., Donald L. FERRIN, S., & Rao, H. R. (2003). Antecedents of Consumer Trust in B-to-C Electronic Commerce. Proceedings of the Americas’ Conference on Information Systems 2013, 157–167.

Kurnianingsih, H., & Maharani, T. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Jawa Tengah. AKUNTOTEKNOLOGI, 12(1), 29. https://doi.org/10.31253/aktek.v12i1.370

Lee. (2007). Factors Influencing The Adoption Behavior Of Mobile Banking: A South Korean Perspective. Journal Of Internet Banking And Commerce, 12(2).

Mathieson, K. (1991). Predicting User Intentions: Comparing the Technology Acceptance Model with the Theory of Planned Behavior. Information Systems Research, 2(3), 173–191. https://doi.org/10.1287/isre.2.3.173

Moorman, C., Deshpande, R., & Zaltman, G. (1993). Factors Affecting Trust in Market Research Relationships. Journal of Marketing, 57(1), 81–101.

Nadhilah, P., Jatikusumo, R. I., & Permana, E. (2021). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN E-WALLET DIKALANGAN MAHASISWA DALAM PROSES MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 4(2), 128. https://doi.org/10.35914/jemma.v4i2.725

Nurohman, M. K. Y. A. (2021). Pelayanan Prima: Teori dan Praktik (1st ed.). Lintang Pustaka Utama.

Nurohman, Y. A., Kusuma, M., & Narulitasari, D. (2021). Fin-Tech, Financial Inclusion, and Sustainability: a Quantitative Approach of Muslims SMEs. International Journal of Islamic Business Ethics, 6(1), 54. https://doi.org/10.30659/ijibe.6.1.54-67

Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2021). The Intention to Use E-Money: An Empirical Study of Halal Food SMEs In Surakarta. Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB), 1, 46–56. https://doi.org/10.18326/aicieb.v1i0.8

Nyayu Sakinatul Mardhiyah, M. R., & Azwari, P. C. (2020). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Aplikasi Gojek Pada Mahasiswa di Kota Palembang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10((2)), 173–180.

Parasuraman, Zeithmal, B. (1989). SERQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing.

Park, J., & Kim, R. B. (2021). Importance of offline service quality in building loyalty of OC service brand. Journal of Retailing and Consumer Services, 65, 102493. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102493

Pradana, R. S. P. S. (2021, November 10). Tahun Ini, Total Transaksi Digital Indonesia Bisa Capai Rp997,74 Triliun! Bisnis.Com. https://teknologi.bisnis.com/read/20211110/266/1464296/tahun-ini-total-transaksi-digital-indonesia-bisa-capai-rp99774-triliun

Prakosa, A., & Wintaka, D. J. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN ULANG E-WALLET PADA GENERASI MILENIAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 3(1), 72–85. https://doi.org/10.37112/bisman.v3i1.623

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jiab, 2(2), 127–135.

Putri, D. F., & Sumaryono, S. (2021). Peran persepsi terhadap electronic service quality dan electronic word-of mouth (e-wom) terhadap intensi pembelian ulang melalui e-commerce. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(2), 164–171. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i2.12933

Qurniawati, R. S. (2020). Understanding Halal Food SMEs� behavior intention towards e-money. International Journal of Islamic Business Ethics, 5(2), 113. https://doi.org/10.30659/ijibe.5.2.113-124

Rahman, D. F. (2022). Transaksi Keuangan Digital Tumbuh Pesat pada Triwulan I 2022. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/19/transaksi-keuangan-digital-tumbuh-pesat-pada-triwulan-i-2022

Rahmatsyah. (2011). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru. Universitas Indonesia.

Ramadhani. (2008). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan nasabah terhadap layanan Internet Banking di Semarang. Jurnal Akuntansi Indonesia: Universitas Islam Indonesia.

Sandy, E., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan Trust Terhadap Minat Konsumen Dalam Penggunaan Ulang Go-Pay Di Kota Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 22–27.

Sarstedt, M. (2019). Revisiting Hair Et al.’s Multivariate Data Analysis: 40 Years Later. In The Great Facilitator (pp. 113–119). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-06031-2_15

Setyoparwati, I. C. (2019). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Konsumen Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce di Indonesia. JIMEA, 3(3), 111–119. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp111-119

Shifa Febrillia Nurjanah, Alven, A. Y. (2021). Pengaruh E-Trust On Continuance Intention Pada Platform ShopeePay. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 8(2), 27–41.

Siregar, K. R. (2011). Kajian Mengenai Penerimaan Teknologi dan Informasi Menggunakan Technology Accaptance Model (TAM). Rekayasa, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/rekayasa.v4i1.2322

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). PERKEMBANGAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI INDONESIA. JURNAL AL-QARDH, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442

Ulfi, I. (2020). TANTANGAN DAN PELUANG KEBIJAKAN NON-TUNAI: SEBUAH STUDI LITERATUR. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(1), 55–65. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i1.2379

Wuisan, D. S. S., Candra, D., Tanaya, M. A., Natalia, V., & Bernarto, I. (2020). Pengaruh Website Design Quality Dan E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention Sociolla E-Trust Sebagai Variabel Mediasi. Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems, 4(1), 55–67.

amani, L. (2022, February). 12 Pasar di Solo Terapkan Pembayaran Non-Tunai, Pembeli Tak Perlu Lagi Bawa Uang Tunai. Kompas.




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i2.333

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Yulfan Arif Nurohman, Rina Sari Qurniawati, Fahri Ali Ahzar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.