STRATEGI KEBERLANGSUNGAN USAHA UMKM KAMPUNG SINGKONG PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada awal pandemi yang diteruskan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) disinyalir berpengaruh besar terhadap kondisi UMKM, jutaan UMKM lebih rentan dan dalam kondisi sekarat bahkan terpaksa menutup usahanya. Disaat UMKM lain banyak yang jatuh dan gulung tikar, UMKM pada Kampung Singkong ternyata dapat survive dan mempertahankan keberlangsungan usahanya. Adanya UMKM yang survive dan dapat mempertahankan keberlangsungan usahanya selama pandemi merupakan angin segar bagi UMKM-UMKM yang lain, maka perlu dilakukan riset tentang apa saja strategi yang dilakukan UMKM kampung singkong sehingga dapat mempertahankan keberlangsungan usahanya. Tujuan dari riset ini berusaha mengkaji faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberlangsungan usaha pada UMKM Kampung Singkong. Sampel yang digunakan adalah 32 UMKM yang tergabung dalam paguyuban kampung singkong. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, inovasi produk dan insentif pajak berpengaruh positif terhadap keberlangsungan usaha UMKM, sedangkan digital marketing secara statistik tidak berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amelia, Y., Nauli, P., & Desriani, N. (2020). The impact of financial literacy on the performance and sustainability of SMEs in Indonesia. In The Future Opportunities and Challenges of Business in Digital Era 4.0. Routledge.
Azhar, A. N., & Arofah, T. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEBERLANGSUNGAN UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS PADA MASA PANDEMI COVID-19. SAR ( Soedirman Accounting Review ): Journal of Accounting and Business, 6(1), 37–49.
Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Serta Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, XIII(10), 19–24. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf
Capuano, A., & Ramsay, I. (2011). What Causes Suboptimal Financial Behaviour? An Exploration of Financial Literacy, Social Influences and Behavioural Economics. Melbourne Legal Studies Research Paper, 540. http://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=1484340
Chaffey. (2013). E-Business Dan E-Commarce Management, Strategy, Implementation. New Jersey: Practice,.
Christiana, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2014). Pengaruh Kompetensi Wirausaha, Pembinaan Usaha Dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Batik Di Sentra Pesindon Kota Pekalongan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 3(4), 1–10.
Christoper, S. W. H., & Kristianti, I. (2020). Hubungan E-Commerce Dan Literasi Keuangan Terhadap Kelangsungan Usaha Di Boyolali. Jurnal Akuntansi, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.1.1-12
Efendi, E., Ati, N. D., Zulmida, E. S., Chofifah, C. N., Astuti, F. A.,
Amara, R. D., & Sonia, S. F. (2021). PENTINGNYA DIGITAL MARKETING DALAM MEMAJUKAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19. JUrnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(3), 227–232.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 25. UNDIP.
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM ( USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ) UNTUK BERSAING DI ERA PANDEMI. 16, 32–41.
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1). https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16
Handayani, N. (2007). Modal sosial dan keberlangsungan usaha. Skripsi, 1–248.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Indaryani, M., Budiman, N. A., & Mulyani, S. (2020). Dampak Covid-19 dan Pemanfaatan Insentif Pajak terhadap Keberlangsungan Usaha pada UMKM Tenun Troso Jepara. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(3), 276–285.
Kirumbi, S. (2019). The Impact Of Financial Literacy On The Performance Of Small And Medium Scale Enterprises A Study Of Smes In Morogoro Municipal.
Latifiana, D. (2016). Studi Literasi Keuangan Pengelola Usaha Kecil Menengah ( UKM). African Journal of Economy and Management Studies, 5(1), 5. https://www.neliti.com/publications/173134/studi-literasi-keuangan-pengelola-usaha-kecil-menengah-ukm#cite
Maharani, H. C., & Jaeni. (2021). Determinan Kebijakan Pemerintah Sebuah Solusi Keberlangsungan Usaha UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. AKSES : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 26–39.
McDaniel, B. . (2002). Entrepreneurship and Innovation:An Economic Approach. M.E.Sharpe,Inc.
Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA, 5(2), 1214–1224. https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.55
Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketingterhadap Organizational Performance Denganintellectual Capital Dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112
Pratama, A. B. S. (2020). ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA. Skripsi.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Riyadi, S. (2020). Daftar Insentif untuk UMKM di Masa dan Usulan Pasca Pandemi. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/daftar-insentif-untuk-umkm-di-masa-dan-usulan-pasca-pandemi/
Riyanti, B., & Sudarmawanti, E. (2022). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Pada Era New Normal Melalui Pemberian Insentif Pajak, Peningkatan Kondisi Keuangan Dan Kesadaran Pajak. 6(April), 2167–2179.
Simanjorang, S. (2020). Nasib UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. https://investor.id/opinion/nasib-umkm-di-tengah-pandemi-covid19
Susanto, A. (2013). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Batik Tulis Karangmlati Demak. Universitas Negeri Semarang.
Thoriqoh, M. (2021). Kampung Singkong Salatiga mampu Menggerakkan Perekonomian Daerah dan nasional. https://pekalongan.suaramerdeka.com/jawa-tengah/pr-1811481461/kampung-singkong-salatiga-mampu-menggerakkan-perekonomian-daerah-dan-nasional?page=2
Urbancova, H. (2013). Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge. Journal of Competitiveness, 5(1), 82–96. https://doi.org/10.7441/joc.2013.01.06
Wardhana, A. (2015). Prosiding Seminar Nasional STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM DI INDONESIA. 327–337.
Widayanti, R., Damayanti, R., & Marwanti, F. (2017). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Keberlangsungan Usaha (Business Sustainability) Pada Umkm Desa Jatisari. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(2), 153. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i2.1399
DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i2.309
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c) 2022 Budi Riyanti, Novita Ati Nur Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA
Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
TERINDEKS :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.