DAMPAK PEMBERIAN WORKSHOP TERHADAP LITERASI DIGITAL PESERTA WORKSHOP: STUDI KASUS SALAH SATU KOMUNITAS UMKM DI KOTA PALEMBANG
Abstrak
Literasi digital merupakan hal penting dan mendasar untuk mendukung perkembangan era Society 5.0 karena di era ini masyarakat dituntut untuk hidup berdampingan dengan teknologi. Agar terciptanya bijak dalam penggunaan teknologi diperlukan pehaman akan literasi penggunaan teknologi salah satunya pemahaman akan literasi digital. Salah satu pihak yang dituntut untuk mengikuti perkembangan era adalah UMKM agar proses bisnisa dapat terus berkembang dan berkelajutan. Pemahaman literasi digital ini juga turut didukung oleh Pemerintah Indonesia dimana pemerintah mengukur indeks literasi digital nasional, agar angka indeks ini terus meningkat diperlukan penyuluhan dan pemberian materi agar paham akan pentingnya literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada peningkatan pengetahuan atau literasi khususnya literasi digital pada obyek penelitian. Metode yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan sebelum dan sesudah pemberian materi kepada obyek penelitian. Hasilnya adalah ada peningkatan literasi digital obyek penelitian sebelum dan sesudah diberikan materi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buckingham, David. (2016). Defining Digital Literacy: What Do Young People Need To Know About Digital Media?. Nordic Journal of Digital Literacy 2015. 4. 21-34.
Bulger, Monica E., Richard E Mayer, dan Miriam J. Metzger. (2014). Knowledge and Processes That Predict Proficiency in Digital Literacy. An Interdisciplinary Journal, 27.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.
Goodson, & Mangan. (1996). An alternative modcl for educational research, Interchange.
Ibrahim, Andi dkk. (2018). Metode Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.
Kaplan, Andreas, & Michael HaenLein, (2010). User of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media. Business Horizons
Katz, I. R, dan Macklin A.S. (2017). Information and Communication Technology (ICT) Literacy: Integration and Assessment in Higher Education. Journal of Systemic, Cybernetics an Informatics. 5 (4) 50-55.
Kent, Michael L. (2016). Directions in Social Media for Professionals and Scholars. Public Relation Review.
Kominfo, & Katadata Insight Center. (2022). Status Literasi Digital Indonesia Tahun 2020: Hasil Survey di 34 Provinsi. Diunduh tanggal 31 Mei 2022. https://katadata.co.id/StatusLiterasiDigital.
Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran dan Mitra. Informasi Kajian Ilmu Komunikasi, 47(2), 149–166.
Lee, Seung Hyun. (2014). Digital Literacy Education for the Development of Digital Literacy. International Journal of Digital Literacy and Digital Competence, 5(3), 29-43
Livingstone, S., van Couvering, E. & Thumim, N. (2005). Adult Media Literacy: A Review of the Research Literature. London: Ofcom.
Nurhayati, Sri, & Ai Masri Nurul Falah. (2020). Implementasi Workshop Literasi Digital Dalam Membangun Keberdayaan Ekonomi Maysarakat. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM). 4 (3).
Oktareza, Fernando. 2021. Tahun 2020 Jumlah UKM di Sumsel Alami Lonjakan. Diunduh tanggal 30 Mei 2022. https://www.sonora.id/read/422522409/tahun-2020-jumlah-ukm-di-sumsel-alami-lonjakan.
Pradana, Yudha. (2018). Atribusi Kewargaan Digital Dalam Literasi Digital. UNTIRTA Civic Education Journal (UCEJ). 3 (2).
Suherdi, Devri. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemi. Deli Serdang: Cattleya Darmaya Fortuna.
Sumiati, Eti, & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan Pada Saat pandemic Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Media Informasi Direktorat Perpustakaan, 3 (2).
Sutrisna, I Putu Gede. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Statistika. 8(2).
We Are Social. 2022. Digital 2022: Another Year of Bumper Growth. Diunduh tanggal Diunduh tanggal 30 Mei 2022. https://wearesocial.com/.
Widyastuti, Dhyah Ayu Retno, & dkk. (2016). Literasi Digital pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi. 3(1).
Williams, J., Clemens, S., Oleinikova, K. & Tarvin, K. (2003). The Skills for Life Survey: A National Needs and Impact Survey of Literacy Numeracy and ICT Skills. London: Department for Education and Skills.
DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i2.305
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c) 2022 Astika Ulfah Izzati, Claudya Nurcahaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA
Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
TERINDEKS :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.