PENGARUH DIMENSI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN VENICE PURE AESTHETIC CLINIC SALATIGA

Dayinta Tiara Khusuma, Hardi Utomo

Abstrak


ABSTRAK Klinik Kecantikan Venice menyediakan berbagai produk perawatan kulit dan tubuh bagi masyarakat Kota Salatiga. Dalam menunjang kegiatannya, Venice Pure Aesthetic Clinic didukung oleh karyawan-karyawan yang professional, semua itu untuk memberikan kepuasan kepada konsumennya. Namun sejak bulan Januari 2017 s/d Juli 2020 jumlah konsumen yang datang ke klinik mengalami fluktuasi dalam jumlah yang cukup besar. Dugaan peneliti kondisi tersebut disebabkan karena kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen. Hal inilah yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian secara mendalam tentang pengaruh dimensi kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Venice Pure Aesthetic Clinic Salatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh performance, feature, reliability, conformance, durability, serviceability, aesthetics, dan perceived quality secara simultan terhadap kepuasan konsumen di Venice Pure Aesthetic Clinic Salatiga. Tipe penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah eksplanatori. Data primer diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada responden, sedang data sekunder diperoleh dari catatan administrasi Venice Pure Aesthetic Clinic, serta buku-buku yang menunjang. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan produk dan jasa di Venice Pure Aesthetic Clinic, sedang jumlah sampelnya adalah 97 orang yang menggunakan produk dan jasa di Venice Pure Aesthetic Clinic. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Performance, feature, reliability, conformance, durability, serviceability, aesthetics, dan perceived quality secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal tersebut dibuktikan nilai t-hitung masing-masing variabel > t-tabel (1,987), dan nilai Fhitung (313,479) > Ftabel (2,05), 2) Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,963, berarti variabel performance (X1), feature (X2), reliability (X3), conformance (X4), durability (X5), serviceability (X6), aesthetics (X7), dan perceived quality (X8) mampu menjelaskan kepuasan konsumen (Y) sebesar 96,30 %, dan sisanya 3,70 % dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti, seperti: biaya pelanggan, emosional pelanggan, kepercayaan produk, lokasi, dan kualitas pelayanan. Saran yang dapat diberikan adalah pihak manajemen perlu lebih selektif dalam memilih produk kecantikan yang dijualnya, meningkatkan kemampuan petugas dalam melakukan pelayanan, menyediakan produk lebih beragam, memperbaiki sistem pengecekan produk, mengikutkan dokter dalam pelatihan-pelatihan, mengganti distributor produk, dan melakukan rapat singkat sebelum pekerjaan dimulai.

Kata Kunci


Kualitas produk, kepuasan konsumen

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v13i2.199

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2021 Dayinta Tiara Khusuma, Hardi Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.