PENGARUH PENGALAMAN KERJA TERHADAP TINGKAT PROFESIONAL SEORANG AUDITOR DALAM BIDANG AUDITING (Study Survei di KAP wilayah Surakarta dan Yogyakarta)

Jumingan Jumingan

Abstrak


Abstrak
Tingkat professional Auditor dibutuhkan para klien/Perushaan yang diauditnya. Harapan perusahaan seorang auditor mampu mengungkap dan menjelaskan informasi keuangannya. Seorang auditor mempunyai pengaruh paling dominan terhadap peningkatan keahlian auditor dalam bidang auditing di KAP wilayah Yogyakarta dan Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian survey, dengan dimensi waktu cross-sectional research. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah: Uji validitas, reliabilitas, analisis regresi parsial, uji t, analisis regresi berganda, uji F, dan R2.
Hasil dari penelitian ini: Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel lamanya kerja responden menjadi/bekerja sebagai auditor, banyaknya tugas pemeriksaan yang telah dilakukan, dan banyak jenis perusahaan yang diaudit mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keahlian auditor; Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel lamanya kerja responden menjadi/bekerja sebagai auditor, banyaknya tugas pemeriksaan yang telah dilakukan dalam satu tahun, dan banyak jenis perusahaan yang diaudit mempunyai pengaruh signifikan terhadap keahlian auditor; Nilai Adjusted R2 adalah 0,521, berarti ada pengaruh lamanya bekerja, banyaknya tugas-tugas pemeriksaan, dan banyaknya jenis perusahaan yang telah diaudit secara bersama-sama berpengaruh terhadap keahlian auditor benar-benar dijelaskan oleh kedua variabel tersebut yaitu sebesar 51,20% sisanya yaitu 48,80% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa untuk lebih meningkatkan pelayanannya terhadap pemakai jasa akuntan maka diharapkan para auditor dapat meningkatkan kemampuan dan pengalamannya dalam bidang keuangan dan ekonomi sehingga para auditor tersebut merupakan auditor yang professional seiring dengan permintaan pasar yang beragam.
Kata Kunci: Pengalaman Audit, Lamanya Auditor Bekerja, Banyaknya tugas-tugas, Banyaknya Jenis Perusahaan..

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v7i1.96

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2014 Jumingan Jumingan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.