STRATEGI INTERNALISASI GREEN BEHAVIOR BERBASIS PENDIDIKAN PADA GENERASI Z UNTUK TERWUJUDNYA LINGKUNGAN SEHAT BAGI INDONESIA EMAS 2045

Hasna Nadiyah Banafsaj Sudaryono, Lindawati Kartika

Abstrak


Indonesia masih menduduki peringkat 101 dari 166 negara dalam pencapaian SDGs. Rendahnya pencapaian SDGs disebabkan permasalahan lingkungan yang didorong oleh rendahnya Environmental Performance Index. Di samping itu, Indonesia mempunyai prediksi bonus demografi dan potensi Generasi Z sebagai agen perubahan lingkungan dalam mewujudkan lingkungan sehat bagi Indonesia Emas 2045. Generasi Z memiliki pengetahuan dan minat yang baik dalam melestarikan lingkungan, namun sebagian besar Generasi Z belum menerapkan green behavior. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi faktor penyebab kurangnya penerapan green behavior pada Generasi Z, 2) Menganalisis peran pemangku kepentingan dalam internalisasi green behavior pada Generasi Z 3) Merancang strategi internalisasi green behavior pada Generasi Z. Jenis data yang diolah adalah data sekunder dengan pengolahan data menggunakan Analisis Fishbone, Analisis Pemangku Kepentingan, dan Analisis The House Model. Berdasarkan temuan, kurangnya green involvement merupakan faktor utama yang mempengaruhi kurangnya penerapan green behavior pada Generasi Z. Selain itu, akademisi sebagai penyusun konsep dan inisiator merupakan pemangku kepentingan utama. Program Green Behavior Action Calendar Kit (Green-Back) merupakan strategi kunci untuk menginternalisasi green behavior pada Generasi Z.


Kata Kunci


Environmental Performance; Green Behavior; Generasi Z; Indonesia Emas 2045, Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


UNESCO. 2018. SETI for SDGs SCORECARD : A Tool to Assess, Monitor and Review SETI Related Project Contribution to Sustainable Development Goals, Targets and Indicators. Jakarta.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2021). Kejadian Bencana Tahun 2021. Badan Nasional Penanggulangan Bencana. https://bnpb.go.id/infografis

Badan Pusat Statistik. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020 (SP2020). https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html

Boiral, O. (2009). Greening the Corporation Through Organizational Citizenship Behaviors. Journal of Business Ethics, 87(2), 221–236. https://doi.org/10.1007/S10551-008-9881-2

Capra, F., & Stone, M. K. (2010). Smart by Nature: Schooling for Sustainability. Journal of Sustainability Education. http://www.susted.com/wordpress/content/trial-author-change_2010_05/

Clear, J. (2018). Atomic Habits: an Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones. Avery Publishing.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan. (2018). 5 Permasalahan Lingkungan Hidup Indonesia dan Penyebabnya.

Elkington, J. (1998). Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. New Society Publishers.

Environesia. (2021). The Environmental Performance Indeks. PT.

Environesia Global Soraya. https://environesia.co.id/blog/the-environmental-performance-indeks/

Francis, T., & Hoefel, F. (2018). Generation Z characteristics and its implications for companies | McKinsey. McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/industries/consumer-packaged-goods/our-insights/true-gen-generation-z-and-its-implications-for-companies

Gardner, B., Lally, P., & Wardle, J. (2012). Making health habitual: The psychology of “habit-formation” and general practice. British Journal of General Practice, 62(605), 664–666. https://doi.org/10.3399/BJGP12X659466

Gaspersz, V. (2002). Total Quality Management. PT. Gramedia Pustaka Utama. https://onesearch.id/Record/IOS13409.INLIS000000000005650

Goleman, D., Bennett, L., & Barlow, Z. (2012). Ecoliterate : how educators are cultivating emotional, social, and ecological intelligence. Jossey-Bass. https://www.wiley.com/en-us/Ecoliterate%3A+How+Educators+Are+Cultivating+Emotional%2C+Social%2C+and+Ecological+Intelligence-p-9781118104576

Horovitz, J., & Ohlsson-Corboz, A.V. (2007). A Dream With a Deadline : Turning Strategy Into Action. FT Prentice Hall.

Irwan, Z. (2009). Besarnya eksploitasi perempuan dan lingkungan di Indonesia: siapa bilang. PT Elex Media Komputindo.

Johnson, B. (2013). Zero Waste Home : The Ultimate Guide to Simplifying Your Life by Reducing Your Waste. Simon and Schuster.

Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. (2020). Education for Sustainable Development (ESD) – Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. https://kniu.kemdikbud.go.id/?page_id=248

Kusuma, Y., & Kusuma, H. E. (2020). Hubungan Nilai-nilai Pola Pikir dan Perilaku Ramah Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Adiwiyata. Review of Urbanism and Architectural Studies, 18(2), 24–43. https://doi.org/10.21776/UB.RUAS.2020.018.02.3

Latifah, S. W. (2020). Triple bottom line terhadap nilai perusahaan, gross profit margin sebagai indikator ekonomi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(4), 544–563. https://doi.org/10.24034/J25485024.Y2020.V4.I4.4249

Oktari, R., & Muhammad, I. (2020). Siapkah Kamu jadi Generasi Emas 2045 | Indonesia Baik. Indonesia Baik. https://indonesiabaik.id/infografis/siapkah-kamu-jadi-generasi-emas-2045

Ostrom, E. (2010). Beyond Markets and States: Polycentric Governance of Complex Economic Systems. Transnational Corporations Review 2(2), 1–12.

Pew Research Center. (2021). Gen Z, Millennials Stand Out for Climate Change Activism, Social Media Engagement With Issue | Pew Research Center. Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/science/2021/05/26/gen-z-millennials-stand-out-for-climate-change-activism-social-media-engagement-with-issue/

Putri, S. U., & Nikawanti, G. (2017). Pengenalan green behavior melalui ecoliteracy pada anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/CD.V8I2.10538

Race, D. & Millar, J. (2006). Training Manual : Social and Community Dimensions of ACIAR Projects. Australian Center for International Agricultural Research Institut for Land, Water, and Society of Charles Sturt Unversity.

Sudrajad, A. (2005). Pencemaran Udara, Suatu Pendahuluan. Majalah Inovasi 5(52).

Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa di Kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260–275. https://doi.org/10.23887/JISH-UNDIKSHA.V9I2.21061

Suratno, I. B., Darsono, D., & Mutmainah, S. (2007). Pengaruh Environmental Performance Terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEJ Periode 2001 - 2004). The Indonesian Journal of Accounting Research, 10(2). https://doi.org/10.33312/IJAR.174

Thaler, R. H., Sunstein, C.R. (2008). Nudge: Improving decisions about health, wealth, and happiness. Yale University Press.

Yale University. (2020). Environmental Performance Index | Environmental Performance Index. https://epi.yale.edu/epi-results/2020/component/epi




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i1.228

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Hasna Nadiyah Banafsaj Sudaryono, Lindawati Kartika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.