FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN NET INTEREST MARGIN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI INDONESIA

Astohar Astohar, Sari Rahmadani, Dias Nurlita

Sari


Keberadaan sektor perbankan memiliki peranan cukup penting, dimana dalam kehidupan masyarakat sebagian besar melibatkan jasa dari sektor perbankan. Profitabilitas perbankan merupakan rasio untuk mengetetahui kinerja keuangan dari perbankan. Hasil penelitian dari dari Hardiyanti, dkk (2016) masih menarik untuk dilakukan pengembangan dari variable yang digunakan serta dari obyek penelitian. Penelitian ini mengambil obyek pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia yang mempunyai Aset di atas 500 milyar. Atas dasar pertimbangan tersebut menghasilkan sampel 8 Bank Perkreditan Rakyat.

Hasil penelitian menunjukkan Capital adequacy ratio (CAR) Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap net interest margin dan return on asset (H1 dan H2 ditolak). Loan to deposit ratio (LDR) Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia mempunyai pengaruh negative dan signifikan terhadap net interest margin (H3 diterima) akan tetapi tidak signifikan terhadap return on asset (H4 ditolak). Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia terbukti mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap net interest margin dan return on asset (H5 dan H6 diterima). Net Interest Margni (NIM) Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap net interest margin (H7 diterima). Hasil perhitungan sobel test menunjukkan bahwa net interest margin tidak terbuksi sebagai mediasi variabel terhadap return on asset.

 

Kata Kunci :  capital adequacy ratio (CAR), loan to deposit ratio (LDR), biaya operaional dan pendapatan operasional (BOPO), net interest margin (NIM) dan return on assets (ROA)


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright : Jurnal Ilmiah Among Makarti 2013