DAMPAK PROGRAM KONVERSI MINYAK TANAH KE LPG TERHADAP DISTRIBUSI MINYAK TANAH BERSUBSIDI KE LPG ( Studi Kasus Di Pangkalan Kota Salatiga )

Joko Pramono, Gunanto Gunanto

Abstrak


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak konversi minyak tanah ke LPG terhadap distribusi minyak tanah bersubsidi, studi kasus di Pangkalan  kota Salatiga. Pada tahun 2008 di kota Salatiga terdapat 2 (dua) agen minyak tanah yang bertanggung jawab atas terpenuhinya kebutuhan minyak tanah bersubsidi dan terdapat 114 buah Pangkalan minyak tanah bersubsidi (sebelum ada konversi minyak tanah ke  LPG yang ada di kota Salatiga) yang langsung melayani kepada masyarakat .

            Di Kota Salatiga sebelum adanya program  konversi ini mendapat kuota minyak tanah sebesar 865.000 liter per bulan guna memenuhi kebutuhan minyak tanah kepada masyarakat, yang selanjutnya  di salurkan oleh 2 (dua) agen dan di 114 Pangkalan. Dari masing-masing pangkalan yang ada,  mempunyai jatah sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada di wilayahnya, sehingga kebutuhan masyarakat akan minyak tanah  bisa terpenuhi.

            Penelitian ini mengambil sampel  sebanyak 35 pangkalan dengan kuota yang akan diterima sebesar 138.800  liter, dengan periode pengamatan bulan Juni – Juli 2008. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kuota distribusi minyak tanah yang diberikan dari agen (penyalur) sebesar 138.800 liter ke Pangkalan, realisasinya  tidak sesuai dengan kuota yang ditetapkan, dimana jumlah realisasinya hanya sebesar 34.020 liter, lebih kecil dari kuota yang seharusnya diterima oleh Pangkalan, sehingga terjadi kekurangan pasokan sebesar 104.780 liter atau terjadi penyimpangan sebesar 75,49 %. Hal ini akan menimbulkan dampak kelangkaan minyak tanah dan kenaikan harga diatas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya program konversi minyak tanah ke LPG mengakibatkan berkurangnya distribusi minyak tanah bersubsidi di Pangkalan Kota Salatiga.

 

Kata kunci :  Dampak Konversi, Distribusi, Minyak Tanah, LPG. 


Teks Lengkap:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v2i2.135

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2016 Joko Pramono, Gunanto Gunanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.