ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN AMIK CIPTA DARMA SURAKARTA

Purwatiningsih Purwatiningsih

Abstrak


Abstraksi

Peneliti merumuskan permasalahannya sebagai berikut: apakah ada pengaruh yang signifikan dimensi kualitas pelayanan yang meliputi tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan AMIK Cipta Darma Surakarta dan apakah ada pengaruh yang signifikan dimensi kualitas pelayanan tersebut secara parsial terhadap kinerja karyawan serta dimensi kualitas manakah yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan.

Kuesioner penelitian dibagikan kepada 156 responden mahasiswa sampel secara acak. Analisis Regresi Linier menghasilkan persamaan sebagai berikut :

   Y = 0,981 + 0,197X1 + 0,451X2 + 0,326X3 + 0,345X4 + 0,233X5

Untuk melihat keeratan hubungan atau korelasi antara seluruh variabel bebas, yaitu Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4) dan Emphaty (X5) terhadap karyawan AMIK Cipta Darma Surakarta (Y) ditunjukkan oleh angka multiple regression sebesar 0,902 atau 90,2%. Angka ini relatif cukup besar menunjukkan demikian eratnya hubungan antara seluruh variabel bebas X terhadap variabel tergantung Y.

Uji F menghasilkan nilai F hitung sebesar 32,711 lebih besar dari F tabel sebesar 3,9 dengan probabilitas 0,000. Hal ini berarti pada taraf nyata α = 0,5 dapat dikatakan bahwa variabel Tangible(X1), reliability (X2), responsiveness (X3), Assurance (X4) dan Emphaty (X5) mempunyai pengaruh yang berarti terhadap karyawan AMIK Cipta Darma Surakarta atau dengan kata lain bahwa dengan taraf nyata 5% hipotesis pertama diterima atau terbukti.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan; Kinerja Karyawan


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v8i1.114

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2015 Purwatiningsih Purwatiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.