PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP RETURN ON EQUITY PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada 14 Perusahaan Go Public yang Menduduki Peringkat CGPI Tahun 2010–2012)

Mohammad Triangga Yudith Oktafian, Yanuar Surya Putra

Abstrak


Abstrak

Teknologi yang semakin canggih dan akan dibukanya pasar bebas di Indonesia, maka persaingan menjadi semakin ketat, oleh karena itu perusahaan – perusahaan diharuskan bisa bersaing secara sehat. Perusahaan – perusahaan semakin banyak yang menggunakan konsep Corporate Governance, dimana tiga tahun ini semakin meningkat perusahaan yang mendaftarkan dan masuk dalam permeringkatan corporate governace.Dengan cara menerapkan konsep Corporate governance yang dimaksudkan untuk menguatkan kinerja perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh corporate governance terhadap return on equity. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatory. Data sekunder diperoleh dari sumber buku dan internet. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 14 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Kriteria yang digunakan (1)Perusahaan yang masuk ke dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) pada tahun 2010, 2011, dan 2012 berupa skor pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI).(2)Perusahaan yang terdaftar mempublikasikan laporan keuangan tahun 2010, 2011, dan 2012.(3)Perusahaan yang dijadikan sampel adalah perusahaan yang secara konsisten selama 3 tahun berturut-turut masuk dalam pemeringatan CGPI dan mempublikasikan laporan keuangannya. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F.
Metode analisis yang digunakan meliputi analisis regresi berganda, uji t dan uji F, dan Uji Determinasi,menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = -0,456 + 0.006 X1 - 0,145 X2 + 0.006 X3 + 0,012X4
Analisis ini menunjukan corporate governance berpengaruh secara simultan terhadap return on equity. Hal ini dibuktikan dari pengujian statistik diperoleh hasil bahwa bahwa F hitung lebih besar daripada F tabel (3,009 > 2,858) dan signifikan pada 0,030 < 0,050 yaitu dengan kata lain Ha diterima. Artinya bahwa Ha diterima. Dan hanya ada 1 variabel kontrol yang secara parsial mempengaruhi return on equity. Hal ini dibuktikan dari pungujian stastistik diperoleh hasil bahwa Ha diterima, secara statistik signifikan sebesar 0,046 (< 0,05) dan thitung > daripada ttabel (2,067 > 2,026) Hal ini berarti aktiva perusahaan sebagai variabel kontrol berpengaruh secara signifikan terhadap Return On Equity sebagai variabel dependennya.
Adjusted R Square sebesar 16,4% sedangkan sisanya sebesar 83,6% (100%-16,4%)dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian.

Kata kunci : corporate governance, return on equity, aktiva perusahaan, kesempatan
pertumbuhan, dan ukuran perusahaan.

Teks Lengkap:

PDF PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v7i2.105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2015 Mohammad Triangga Yudith Oktafian, Yanuar Surya Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.