ANALISIS BRAND ASSOCIATION PADA STIE AMA SALATIGA DILIHAT DARI FAKTOR BAURAN PROMOSI

Hardi Utomo

Sari


Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh institusi pendidikan tinggi termasuk STIE ”AMA” Salatiga dalam usaha membangun citra atau image yang baik dibenak konsumennya adalah dengan secara kontinyu melakukan kegiatan promosi. Namun untuk mengetahui strategi atau jenis promosi apa yang mampu meningkatkan keputusan mahasiswa sehingga mereka terterik untuk melanjutkan studi di STIE ”AMA” Salatiga perlu dilakukan pengkajian dengan seksama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Jenis-jenis kegiatan promosi apa saja yang membentuk brand asosiasi pada STIE ”AMA” Salatiga sehingga mahasiswa memilih melanjutkan studi di STIE ”AMA” Salatiga”.
Penelitian ini dilakukan di STIE ”AMA” Salatiga. Adapun tipe penelitian ini adalah tipe penelitian deskriftif, dengan sampel sebanyak 100 orang responden mahasiswa STIE ”AMA” Salatiga. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dengan menggunakan uji Q-Cochran. Hasil penelitian menunjukkan apabila jika asosiasi brosur (1) dan spanduk (2) merupakan dua asosiasi pada strategi bauran promosi yang mampu membentuk brand asosiasi pada STIE ”AMA” Salatiga sehingga mempengaruhi mahasiswa untuk melanjutkan kuliah. Untuk itu pernyataan hipotesis penelitian yang menyebutkan ”Diduga jenis-jenis kegiatan promosi yang dilakukan selama ini mampu membentuk brand asosiasi pada STIE ”AMA” Salatiga”, tidak dapat diterima..
Saran dari penelitian ini adalah 1) Memaksimalkan penggunaan strategi pemakaian brosur, dan pemasangan spanduk, 2) Meningkatkan peran dari relationship marketing terkait dengan penemuan bahwa faktor Info teman (Alumni), teman, rekan kerja, saudara, dan orang tua merupakan salah satu faktor yang cukup signifikan dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa dengan a) Meningkatkan pelayanan administrasi mahasiswa secara lebih baik, b) Meningkatkan mutu output, c) Meningkatkan mutu dan jumlah dosen, d) Meningkatkan pelayanan pembelajaran yang lebih baik, e) Meningkatkan keakraban antara mahasiswa dengan dosen, dan karyawan, dan masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan

Kata Kunci : Brand Association

Teks Lengkap: PDF PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright : Jurnal Ilmiah Among Makarti 2013