PENGARUH PENGAWASAN DAN PELAYANAN TERHADAP KINERJA BAGIAN PEMASARAN (STUDI KASUS KSP ARTHA PRIMA)

Hardi Utomo, Kusmanto Kusmanto

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengawasan dan pelayanan terhadap kinerja bagian pemasaran di koperasi simpan pinjam Artha Prima. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 orang karyawan yang bekerja di koperasi simpan pinjam Artha Prima terutama bagian marketing (tenaga penjualan) yang meliputi 11 cabang dan di 1 kantor pusat. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara mengirimkan kuesioner kepada para karyawan di bagian marketing (tenaga pemasaran) koperasi simpan pinjam. Pemilihan sampel dengan menggunakan Stratified Random sampling (sampel acak berstrata) dengan kriteria karyawan tenaga penjual yang sudah bekerja lebih dari 2 tahun dan telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan (training sales). Responden penelitian ini adalah tenaga pemasaran (marketing) di koperasi simpan pinjam Artha Prima dengan jumlah 40 orang yang diberikan angket kuesioner.
Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut : (1) Bahwa pengawasan dan pelayanan berpengaruh terhadap kinerja bagian pemasaran di KSP Artha Prima dari hasil analisa regresi diperoleh nilai t hitung > t tabel X1(pengawasan) nilai 6,112 > 1,687 dan X2(pelayanan) nilai 3,309 > 1,687. (2) Bahwa pengawasan dan pelayanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja bagian pemasaran di KSP Artha Prima, dari hasil analisa regresi diperoleh nilai F hitung > F tabel (F hitung (17,871) dan F tabel (3,252)). R2 = 0,776 atau 77,6% berarti bahwa variabel pengawasan dan pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi variabel kinerja bagian pemasaran di KSP Artha Prima sebesar 77,6 persen, sedangkan sisanya 22,4% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Pengawasan, Pelayanan, Kinerja Pemasaran dan Regresi Berganda

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright : Jurnal Ilmiah Among Makarti 2013