ANALISIS PREDIKSI KEBANGKRUTAN DENGAN MODEL ALTMAN DAN SPRINGATE PADA BANK BUMN PERIODE 2013 – 2015

Endang Purwanti

Sari


Abstrak

 

            Kondisi perekonomian di Indonesia yang masih belum menentu mengakibatkan tingginya resiko suatu perusahaan untuk mengalami kesulitan keuangan atau bahkan kebangkrutan.Kesalahan prediksi terhadap kelangsungan operasional suatu perusahaan di masa yang akan datang dapat berakibat fatal yaitu kehilangan pendapatan atau investasi yang telah ditanamkan pada suatu perusahaan. Oleh karena itu, pentingnya suatu model prediksi kebangkrutan suatu perusahaan menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prediksi kebangkrutan Bank BUMN di BEI pada tahun 2013-2015.Sebagai satuan pengamatan ada 4 Bank BUMN,  satuan analisis adalah laporan keuangan yang diolah dengan menggunakan analisis model Altman Z.Score dan Springate S-Score.

            Hasil analisis menunjukan bahwa ke empat Bank BUMN (PT.Bank BNI Tbk,PT. Bank BRI Tbk,PT.Bank BTN Tbk,PT.Bank Mandiri Tbk.) tersebut diprediksi Bangkrut dengan model Altman dan model Springate S-Score, dengan hasil analisis tersebut maka keempat bank tersebut harus meningkatkan kinerja keuangannya dengan cara meningkatkan laba melalui peningkatan volume penjualan produk bank pada setiap tahunnya, yang harus diikuti dengan meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya yang dimiliki oeleh perusahaan dan efisiensi dalam biaya operasional, dengan memaksimalkan penggunaan asset, kewajiban dan modal yang dimiliki oleh perusahaan sehingga tidak ada sumber daya yang menganggur.

 

Kata Kunci: Kebangkrutan,Model Altman, Model Springate

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright : Jurnal Ilmiah Among Makarti 2013