PENGARUH FAKTOR BUDAYA, FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PRIBADI, DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK OPERATOR SELULER INDOSAT-M3 DI KECAMATAN PRINGAPUS KAB. SEMARANG

Daniel Teguh Tri Santoso, Endang Purwanti

Abstrak


Abstrak

Telekomunikasi menjadi kebutuhan yang tak bisa dipisahkan bagi masyarakat luas saat ini.  Hal ini membuat Indosat-M3 sebagai salah satu operator seluler di Indonesia harus selalu memperhatikan perilaku setiap konsumennya.  Perilaku konsumen seseorang terbentuk karena pengaruh dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis.  Faktor-faktor inilah yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil sebuah keputusan pembelian.   Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 sampel,  yaitu pengguna operator seluler Indosat-M3 yang ada di wilayah Kecamatan Pringapus.   Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.Hasil analisis menunjukkan persamaan regresi Y = 3,537 + 0,103X1 + 0,143X2 - 0,164X3 + 0,616X4.  Nilai tt untuk penelitian ini (α = 5%) adalah 1,985.  Variabel faktor budaya memiliki nilai th 0,895 dengan tingkat signifikan 0,373,  dan variabel faktor sosial memiliki nilai th 1,512,  dengan tingkat signifikan 0,134,  yang berarti faktor budaya dan faktor sosial tidak berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan positif. Variabel faktor pribadi memiliki nilai th – 2,031 dengan tingkat signifikan 0,045, yang berarti faktor pribadi berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan negatif; sedangkan variabel faktor psikologis memiliki nilai th 6,569 dengan tingkat signifikan 0,000, yang berarti faktor psikologis berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan positif.  Selain itu, uji F menunjukkan nilai Fh 16,073 dengan tingkat probabilitas signifikan 0,000, sedangkan nilai Ft 2,47, yang berarti secara bersama-sama/simultan variabel faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.  Hasil penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya.  Hal ini karena perbedaan persepsi responden yang dijadikan sampel. Penelitian berikutnya perlu menambahkan sampel dengan lokasi diperluas dan tambahan variabel lain,  misalnya variabel yang terdapat pada marketing mix untuk produk jasa (7P),  yaitu:  product,  place,  promotion,  price,  people, phsycal evidence dan process, mengingat faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sangat beragam dan penting untuk diperhatikan.

 

Kata kunci:   Faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis,  keputusan pembelian


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v6i2.92

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2014 Daniel Teguh Tri Santoso, Endang Purwanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.