PENGARUH PANGSA PASAR, RASIO LEVERAGE, INTENSITAS MODAL TERHADAP PROFITABILITAS KOPERASI SIMPAN PINJAM DI SALATIGA

Endang Purwanti

Sari


Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pangsa pasar, rasio leverage, intensitas modal terhadap profitabilitas koperasi simpan pinjam di Salatiga. Penelitian ini dengan menggunakan sampel sebanyak 51 koperasi simpan pinjam di Salatiga dengan kriteria koperasi yang menjadi sampel adalah yang secara rutin memberikan laporan keuangan ke Dinas koperasi dan UKM Salatiga dan memiliki kriteria tingkat kesehatan sehat.
Tingkat profitabilitas diukur dari Return On Equity (ROE) dan Return On Asset (ROA), Pangsa Pasar diukur dari perbandingan pemberian kredit dengan total kredit yang diberikan, rasio leverage diukur dari total debt to total assets (perbandingan total hutang dengan total aktiva), sedangkan intensitas modal diukur dari perbandingan jumlah pemberian kredit dengan total asset.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pangsa pasar, rasio leverage dan intensitas modal secara bersama berpengaruh signifikan terhadap return on asset dan return on equity atau profitabilitas, namun demikian secara individu rasio leverage, intensitas modal tidak berpengaruh signifikan terhadap return on asset dan return on equity atau profitabilitas. Hal ini dapat dijelaskan tingkat hutang tinggi namun tidak dapat disalurkan .
Saran dari penelitian ini dapat dikembangkan dengan menambah variable dalam penelitian dan sampel yang diambil tidak terbatas pada kriteria koperasi simpan pinjam yang sehat.

Kata Kunci: ROA,ROE, Pangsa Pasar, Rasio Leverage, Intensitas Modal

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright : Jurnal Ilmiah Among Makarti 2013