DIGITAL SHORTCOURSE PELAJAR SMA SEDERAJAT SE-KOTA METRO MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS APLIKASI ANDROID

Rizky Hidayatullah, Wiwied Pratiwi, Arfa Ida Khalim

Abstrak


ABSTRACT

Kelangsungan Dunia Pendidikan banyak mengalami perubahan di masa Pandemi Covid-19. Yang mana hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang dalam menggunakan teknologi dalam menjalankan proses Pendidikan. Dan pada saat yang bersamaan tantangan ini juga merupakan sebuah kesempatan bagi semua tentang bagaimana penggunaan teknologi dapat membantu para mahasiswa dan pelajar agar dapat menjadi pribadi yang berkompeten yang memiliki keterampilan yang sangat penting di abad ke 21 ini, yaiutu keterampilan self -directed learning atau pembelajar mandiri sebagai outcome dari edukasi. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah ABCD yaitu  dengan proses Penemuan Apresiatif, Analisis pengembangan aset, Analisis strategi program, Ringkasan narasi program, Teknik monitoring dan evaluasi program dengan mitra pengabdian Pelajar SMA Sederajat Se-Kota Metro. Target yang diharpkan dengan adanya Pengabdian Digital Shortcourse Pelajar SMA Sederajat Se-Kota Metro Melalui Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aplikasi Android yaitu dapat menyediakan aplikasi yang menarik dan gratis bagi Pelajar yang ingin mendalami pembelajaran Bahasa Inggris. Di dalam aplikasi EngLab ini para pelajar akan dibantu dalam memecahan permasalahan yang mereka hadapi dalam mempelajari Bahasa Inggris khususnya. Dengan begitu, harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, para mahasiswa dan pelajar dapat menjadi pribadi yang berkompeten yang memiliki keterampilan yang sangat penting di abad ke 21 ini, yaitu keterampilan self -directed learning atau pembelajar mandiri sebagai outcome dari edukasi.

 

Key Words: Tekhnologi Pendidikan, Pembelajaran Bahasa  inggris, Aplikasi Englab.


Kata Kunci


Tekhnologi Pendidikan, Pembelajaran Bahasa inggris, Aplikasi Englab.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Damayanti, L. S. (2020, June). Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Pendidikan Tinggi Pariwisata Di Bali Selama Pandemi Covid-19. In Journey (Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management) (Vol. 2, No. 2, pp. 63-82) https://doi.org/10.46837/journey.v2i2.48

Lutfi, Andi Muhammad, Akhmad Arianto, Hasni Salam Arnyanty, Rahmawati Indriyani, Fitniari Hidayatullah, Yulis Tari, Rika Andriani et al. MEDIA DARING (ONLINE) SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH. IAIN Parepare Nusantara Press, 2020. Google Scholar

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165. Google Scholar

Sumardi, S. (2020). Apakah Melalui Media AudioVisual dan Metode STAD (Students Teams Achievement Division) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Knowledge and Writing Sklil) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017?. JURNAL PENDIDIKAN, 29(1), 21-36. Google Sholar

Susanthi, I. G. A. A. D. (2021). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64-70. https://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2658

Syahrin, A., & bin As, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Audiovisual dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris di SMA Negeri 3 Takengon. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 21-31. https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3644

Syakur, A., Faradisy, R., & Surahman, F. (2020). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris di Akademi Kebidanan Graha Husada melalui Aplikasi Google Class Room pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 2(1), 88-95. Google Scholar

Wijoyo, H. (2021). EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN MASA PANDEMI. Insan Cendekia Mandiri. Google Scholar




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/abdimakarti.v1i2.304

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizky Hidayatullah, Wiwied Pratiwi, Arfa Ida Khalim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Abdi Makarti : Jurnal Pengabdian Masyarakat

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 abdimakarti@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.