PENERAPAN ANALISIS DISKRIMINAN ALTMAN UNTUK MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN

Ani Rahmawati, Joko Pramono

Abstrak


ABSTRAK

Kecenderungan masyarakat di Indonesia yang menyukai makanan ready to eat menyebabkan semakin meningkatnya industri-industri baru dalam bidang makanan dan minuman. Persaingan yang semakin ketat ini menuntut perusahaan untuk selalu memperkuat fundamental manajemen agar mampu bersaing dengan perusahaan lain. Ketidakmampuan mengantisipasi persaingan global akan mengakibatkan menurunnya volume usaha yang pada akhirnya bisa mengakibatkan kebangkrutan perusahaan.

Tujuan penelitian adalah untuk memprediksi potensi kebangkrutan perusahaan pada kelompok industri  makanan dan minuman yang  terdaftar di BEI periode 2006-2010. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 16 industri makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Pemilihan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Data sekunder yang digunakan yaitu laporan keuangan yang dipublikasikan pada tahun 2006-2010. Penelitian ini menerapkan metode multivariate discriminant analisys dengan menggunakan variabel berupa rasio working capital to total assets, retained earning to total assets, earning before interest and tax to total assets, market value equity to book value of debt dan sales to total assets. Rasio-rasio ini kemudian menghasilkan persamaan sebagai berikut : Z = 0,717 X1 + 0,847 X2 + 3,107 X3 + 0,42 X4 + 0,998 X5, dari persamaan ini, dapat diketahui  Cut off perusahaan yaitu jika nilai Z < 1,20 perusahaan diprediksikan akan Bangkrut, Jika Z berkisar antara 1,20-2,90 perusahaan berada pada Daerah Rawan (Grey Area), dan jika nilai Z > 2,90 perusahaan diprediksikan Tidak Bangkrut.

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 1(satu) perusahaan dalam keadaan Tidak Bangkrut (Sehat), 11 perusahaan dalam posisi Grey Area dan 4 perusahaan dinyatakan dalam kategori bangkrut (Tidak Sehat). Agar perusahaan terhindar dari resiko kebangkrutan, perusahaan dapat meningkatkan kinerja keuangan  perusahaan, yaitu berupaya mempertahankan dan meningkatkan laba perusahaan, dengan cara menambah volume penjualan, menekan biaya produksi,  dan mengoptimalkan penggunaan aset perusahaan.

 

Kata kunci   :   Laporan keuangan, analisis diskriminan, kebangkrutan


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v6i1.84

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2014 Ani Rahmawati, Joko Pramono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.