PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

Edi Murgijanto

Sari


Dosen sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian kinerja seorang dosen tidak hanya mengajar, tetapi juga melaksanakan penelitian dan berbagai kajian ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat.
Salah satu sasaran penting dalam mengelola sumber daya manusia dalam suatu organisasi adalah terciptanya kepuasan kerja anggota organisasi yang bersangkutan yang lebih lanjut akan meningkatkan kinerja. Kepuasan kerja merupakan penilaian atau cerminan dari perasaan para dosen terhadap pekerjaannya. Hal ini nampak dalam sikap positip dosen terhadap pekerjaannya dan segala sesuatu yang dihadapi dilingkungan kerjanya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga. Hasil dari penelitian ini yang ditunjukkan dengan Uji hipotesis pengaruh variabel kepuasan kerja terhadap kinerja dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga, diperoleh nilai t-hitung (5,393) > t-tabel (2,069) dan sig 0,000 serta dengan persamaan regresi linier sederhana Y = 15,392 + 0,828 X. Dengan demikian pernyataan hipotesis penelitian “Ada pengaruh yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga” dapat diterima serta berpengaruh secara positip.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa perbaikan kepuasan kerja akan meningkatkan kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga.

Kata kunci : Kepuasan Kerja, Kinerja Dosen

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright : Jurnal Ilmiah Among Makarti 2013