PENGARUH KOMPENSASI INTRINSIK DAN KOMPENSASI EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA DOSEN PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

Edi Murgijanto

Sari


Suatu perguruan tinggi dalam mencapai tujuannya tidak dapat dilepaskan dari peran serta para dosennya. Dosen mempunyai peran yang sangat penting dalam rangka mencapai tujuan tersebut. Untuk menunjang keberhasilan tujuan suatu perguruan tinggi diperlukan adanya sumber daya manusia dosen yang berkualitas, mempunyai loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap pekerjannya serta berkinerja baik. Agar para dosen berkinerja baik, maka sistem kompensasi harus dirancang agar memacu motivasi kerja dan berprestasi pada tingkat yang tinggi.
Dosen sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian kinerja seorang dosen tidak hanya mengajar, tetapi juga melaksanakan penelitian dan berbagai kajian ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat.Pemberian kompensasi merupakan fungsi strategik sumber daya manusia yang mempunyai imbas signifikan atas fungsi sumber daya manusia lainnya. Kompensasi finansial juga mempengaruhi keseluruhan strategi organisasi karena kompensasi berpengaruh terhadap kinerja, kepuasan kerja, produktivitas, perputaran karyawan, dan proses lainnya di dalam sebuah organisasi. Kompensasi dapat dibagi ke dalam dua kategori yaitu kompensasi intrinsik dan kompensasi ekstrinsik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompensasi Intrinsik dan Kompensasi Ekstrinsik baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap Kinerja dosen.
Subyek dalam penelitian ini adalah para dosen STIE AMA Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Kompensasi Intrinsik dan Kompensasi Ekstrinsik baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap Kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga.

Kata kunci : Kompensasi Intrinsik, Kompensasi Ekstrinsik, Kinerja Dosen

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright : Jurnal Ilmiah Among Makarti 2013