ANALISIS FAKTOR UNTUK MENGETAHUI EFEKTIVITAS STRATEGI ME TOO SEBAGAI STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Produk SM Vit C 1000 PT. Sido Muncul)

Yanuar Surya Putra

Sari


Untuk dapat mencapai posisi sebagai pemimpin pasar untuk kategori produk tertentu seringkali banyak perusahaan yang harus mengawalinya dari market challenger atau bahkan market follower. Salah satu contoh kasus yang menarik adalah bagaimana PT. Sido Muncul selaku pemimpin pasar untuk produk – produk jamu bahkan memanfaatkan strategi follower untuk mencari peluang produk baru di luar jamu yaitu produk vitamin C melalui produk SM Vit C 1000 dengan strategi me too. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas strategi me too yang dilakukan oleh PT.Sido Muncul melalui produk Vit C 1000 mg dengan melihat perilaku konsumen terhadap produk tersebut.
Populasi penelitian ini adalah pemakai atau konsumen produk SM Vit C 1000 mg di kota Salatiga. Karena teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor, maka jumlah sampel yang akan diamati dalam penelitian ini minimal empat atau lima kali jumlah variabel (Malhotra, 1993). Jumlah variabel yang ditetapkan adalah 21, dan jumlah sampelnya sebanyak 5 x 21 = 105 sampel. Dalam penelitian ini sampel yang diambil harus memiliki kriteria tertentu yaitu konsumen yang sudah pernah mengkonsumsi produk dari Sido Muncul yaitu SM Vit C 1000mg. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Faktor.
Dari 19 faktor yang di analisis, secara keseluruhan terdapat 8 faktor yang mampu menjelaskan 66,440% variasi dari strategi me too. Jadi efektivitas dari strategi me too produk SM Vit C 1000mg dipengaruhi oleh perilaku konsumen melalui ke delapan faktor tersebut, dari nilai variasi tersebut karena nilainya lebih dari 50% maka dapat dikatakan bahwa strategi me too yang dijalankan oleh PT. Sido Muncul melalui produk SM Vit C 1000mg dapat dikatakan sudah efektif, namun untuk lebih lagi meningkatkan efektivitas strateginya ada baiknya jika PT Sido Muncul meningkatkan variasi dari kedelapan faktor tersebut sehingga produk SM Vit C 1000mg dapat lebih meningkat lagi penjualannya.
Keywords : mee too strategy

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright : Jurnal Ilmiah Among Makarti 2013