STRATEGI PENGELOLAAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN WISATA KULINER PADA WARUNG SATE KAMBING MUDA “MASYHUDI” DI DESA BLOTONGAN SALATIGA

Samtono Samtono

Abstrak


Abstrak

Makanan khas jawa sebagai warisan leluhur sampai saat ini masih menjadi buruan para lelaki  paruh baya karena dipercaya sebagai menu yang menambah stamina bagi pria, ribuan orang tiap bulan selalu menikmati sate kambing muda di sentra kuliner warung sate kambing di Desa Blotongan Salatiga, Saat ini pengembangan destinasi wisata kuliner merupakan jalur strategis penyangga ekonomi nasional lewat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Adapun tujuan kegiatan penelitian ini adalah: a.Untuk mendiskripsikan dan menjelaskan sikap dan perilaku pelaku usaha wisata kuliner warung sate kambing muda “Masyhudi”. b. Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi yang ditempuh untuk meningkatkan kepuasan pelanggan wisata kuliner warung sate kambing muda “Masyhudi”; c.Untuk mendiskripsikan dan menjelaskan strategi yang ditempuh untuk meningkatkan omzet pendapatan warung  sate kambing muda “Masyhudi”.

Penelitian dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data, depth Interview, swot analisis dan observasi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap beberapa  informan atau nara sumber yang terseleksi atau terpilih khususnya para karyawan, pelanggan, dan pemilik warung makan.

Adapun hasil penelitian yang diperoleh melalui Analisis SWOT dilakukan berdasarkan teknik EFAS dan IFAS, kemudian dihitung dengan perhitungan AFE dan IFE yaitu analisis faktor eksternal dan fakor internal menunjukkan para konsumen merasa puas akan pelayanan yang diberikan oleh warung sate kambing muda Masyhudi. Posisi warung makan sate kambing muda Masyhudi di Desa Blotongan Salatiga berdasarkan diagram  kortesius SWOT berada di kwadran I, artinya kuat dan berpeluang. Rekomendasinya adalah strategi yang diberikan progresif. Dalam rangka meningkatkan omzet pendapatan usahanya maka dapat menambah varians atau jenis menu yang disajikan konsumen serta mengembangkan usahanya dengan membuka anak perusahaan.

 

  Kata Kunci : UMKM, Wisata Kuliner, Menu Varians

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v12i1.175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2019 Samtono Samtono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.