ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PROFITABILITAS BANK PERKREDITAN RAKYAT DI INDONESIA PADA TAHUN 2013 – 2017

Astohar Astohar, Tri Sumiyanti

Sari


Abstrak

Perbankan berperan dalam perkembangan ekonomi yaitu dalam memacu pertumbuhan perekonomian. Fungsi utama bank adalah sebagai perantara keuangan dari pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang kekurangan dana. Keberadaan sektor perbankan memiliki peranan cukup penting, dimana dalam kehidupan masyarakat sebagian besar melibatkan jasa dari sektor perbankan. Profitabilitas perbankan merupakan rasio untuk mengetetahui kinerja keuangan dari perbankan. Hasil penelitian dari dari Ali dan Laksono (2017) masih menarik untuk dikembangkan baik variabelnya maupun obyek penelitiannya.

Penelitian ini mengambil obyek pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia yang mempunyai Aset di atas 500 milyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan dalam seluruh perbankan yang berkategori Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia2013 - 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 1.637 perbankan yang tercatat sampai dengan tahun 2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling (pertimbangan tertentu) yaitu dengan pertimbangan yaitu BPR dengan asset diatas 500 milyar selama 5 tahun terakhir. Atas dasar pertimbangan tersebut menghasilkan sampel 8 Bank Perkreditan Rakyat

Hasil penelitian menunjukkan Capital adequacy ratio (CAR) Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas bank (H1 diterima).Non Performing Loan (NPL) Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas bank (H2 ditolak). Loan to deposit ratio (LDR) Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas bank (H2 diterima). Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia terbukti mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas bank (H4 diterima). Net Interest Margni (NIM) Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia mempunyai pengaruh negative dan signifikan terhadap profitabilitas bank (H5 diterima).

 

Kata Kunci :    capital adequacy ratio (CAR), non performing loan (NPL), loan to deposit ratio (LDR), biaya operaional dan pendapatan operasional (BOPO), net interest margin (NIM)dan return on assets (ROA)

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright : Jurnal Ilmiah Among Makarti 2013