PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Automotive and Allied Products di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010 – 2015)
Abstrak
Abstrak
Model bertingkat atau structural faktor – faktor yang mempengaruhi nilai pelanggan yang dipengaruhi oleh ukuran perusahaan (size) dan profitabilitas (return on asset) secara langsung ataupun melalui struktur modal (debt to equity ratio). Obyek penelitian yang dipilih adalah pada perusahaan automotive dan allied products pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2010 sampai dengan 2015. Pemilihan obyek pada perusahaan automotive di Bursa Efek Indonesia atas pertimbangan bahwa pada perusahaan automotive dan allied products tersebut perkembangan nilai perusahaan yang diproksi dengan price book to value yang lebih fluktuatif dibandingkan dengan sektor yang lainnya. Besar sampel yang dibutuhkan untuk penelitian ini adalah sebanyak 18 perusahaan yang secara berturut – turut masuk dalam Perusahaan automotive selama enam tahun berturut – turut dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive non random sampling.
Alat analisis yang digunakan adalah uji persamaan regresi dengan model double regresi, yaitu pertama adalah pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap struktur modal. Model regresi kedua adalah pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Untuk memberikan hasil yang lebih baik sebelum dilakukan pengujian regresi data dilakukan pengujian normalitas, penyimpangan asumsi klasik, uji fit data dan pengujian hipotesis serta koefisien determinasi.
Hasil penelelitian menunjukkan bahwa struktur modal (debt to equity ratio), ukuran perusahaan (size) dan profitabilitas (return on aset) terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (price book to value). Ukuran perusahaan (size) juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal (debt to equity ratio). Profitabilitas (return on asset) tidak terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terahadap struktur modal
Kata Kunci : ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur modal dan nilai perusahaan
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v10i2.150
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c) 2018 Astohar Astohar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA
Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
TERINDEKS :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.