PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM DI DESA SUMBANG PURWOKERTO UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN JANGKAUAN PASAR

Destin Alfianika Maharani, Reza Rahmadi Hasibuan

Abstrak


This community service program was motivated by the problem of low utilization of digital marketing among MSMEs in Sumbang Village, Purwokerto, with 70% of participants not optimally using social media and only 30% utilizing the marketplace. The purpose of this program is to improve digital marketing skills through participatory training and intensive mentoring. The methods used include needs analysis, training sessions, and direct practice in the field. The evaluation results showed that 85% of participants started actively using social media, 60% succeeded in creating business accounts in the marketplace, and there was an increase in customer interaction of 75%. In addition, 45% of participants reported an increase in sales after utilizing paid advertising, and 90% of participants were able to use digital analysis tools such as Google Analytics to monitor the effectiveness of their campaigns. This program has succeeded in providing a positive impact on MSMEs in Sumbang Village, improving digital marketing skills that are essential to compete in a competitive market. It is recommended to continue the program with follow-up sessions and collaboration with third parties for ongoing support for MSMEs.



Kata Kunci


Digital Marketing, UMKM, Training, Contribution Village.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusven, T., Fauzar, S., Kusumah, S., Warisman, L., Yuanita, A., & Pradana, Y. T. (2023). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA PENAGA. Community Development Journal.

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). DIGITALISASI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA MARKETING PADA PELAKU UMKM GUNA PENINGKATAN PENDAPATAN. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Danny, D., & Robin, R. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Di Modern Furniture Tanjungpinang. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.4357

Fahman Hadi Utomo, Lham Karin Rizkiawan, & Dwi Kharisma Wati. (2023). Pelatihan Branding dan Digital Marketing pada Umkm di Desa Dibal. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(2), 204–211. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i2.2361

Hasibuan, R. R., Darmawan, A. R., Afifah, H., Permana, I. S., Masrokhah, S., Suciningtyas, S., & Sumaya, P. S. (2024). PEMANFAAT MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS. 2(2).

Hasibuan, R. R., Setyanugraha, R. S., Amelia, S. R., Arofah, A. A., & Pratiwi, A. R. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Air Nira Pohon Kelapa Menjadi Gula Semut untuk Meningkatkan Perkonomian Desa Kuripan Kabupaten Cilacap. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1). https://doi.org/10.29313/ethos.v9i1.6570

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Juni Asma Wati, S. A., Firmansyah, F., & Layli, M. (2023). EDUKASI MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DENGAN MEMANFAATKAN DIGITAL MARKETING MELALUI SOSIAL MEDIA. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 665–670. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2572

Juniawan, F. P., Mayasari, M. S., Pradana, H. A., Tommy, L., & Sylfania, D. Y. (2023). Pelatihan Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Desa Kace Timur, Bangka. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 17. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i1.8649

Mudrifah, M., & Pramuja, R. A. (2022). PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM PKK KARANGPLOSO VIEW-NGENEP (PROGRAM BEMO “Belajar Marketing Online”). Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 6(01), 51–58. https://doi.org/10.22219/skie.v6i01.20371

Prihatiningtyas, S., Umardiyah, F., Wulandari, A., Husna, A. L., Wardani, D. K., Ningsih, W. S., Mufajar, I. A., & Wildan, M. A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Desa Pesantren. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 42–50. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i1.4495

Rosyidi, F., Imroatun, L., Rosyidah, H., Khasanah, A. N., Aliffah, A. N., Nisa’, N. A., Zuhdi, M., Mafaticha, A., Sabila, L., Wulandari, S. P., Safiqoh, B., Yusron, M. M., Afwan, A., Chiliya, K. A., Sari, P. F., Akhsani, I., & Ahmad, D. U. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Plosorejo dengan Pelatihan Digital Marketing. 02.

Samanto, H., Efendi, T. F., & Agustini, T. (2023). PENGABDIAN MASYARAKAT SOSIALISASI PENTINGNYA PEMASARAN DIGITAL DAN PROTOKOL KESEHATAN PADA PELAKU UMKM DI DESA TRUCUK KLATEN. 05(02).

Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366

Slamet, S., & Martono, S. (2022). Workshop digital marketing dan implementasi media sosial untuk akselerasi penjualan bagi pelaku UMKM di kelurahan Kedung Baruk Surabaya. TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.17509/tmg.v2i1.45389

Susanti, E. (2020). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS TEKNOLOGI PADA UMKM DI DESA SAYANG KECAMATAN JATINANGOR. Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Zusrony, E., Santoso, A. B., Widyaningsih, D., Dianta, I. A., Purhita, E. J., Sumarlin, T., Aqham, A. A., Andriana, M., Fitrianto, Y., & Kusumaningtyas, D. D. (2024). Pelatihan Pemasaran Digital dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ADMA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.30812/adma.v5i1.4023




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/abdimakarti.v3i2.730

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2024 Destin Alfianika Maharani, Reza Rahmadi Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Abdi Makarti : Jurnal Pengabdian Masyarakat

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 abdimakarti@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.