PENINGKATAN RELIGIUSITAS DAN PENDAPATAN KELUARGA MELALUI EKONOMI KREATIF PADA IBU RUMAH TANGGA DAN GENERASI MUDA DIKAWASAN BEKAS KERATON KARTASURA

Yulfan Arif Nurohman, Melia Kusuma, Fahri Ali Ahzar, Nur Wicaksono, Rina Sari Qurniawati

Sari


The area of the former Kartasura Palace has interesting tourism potential to be developed. One way to develop tourism potential is through the creative economy with the presence of special culinary delights that can increase interest in visiting the people of Solo and its surroundings. The potential of the community that can be developed in supporting a typical culinary business are housewives and the younger generation. The collaboration of housewives and the younger generation in developing a typical culinary business has the opportunity to be successful in the future. In order for the business to run smoothly, training is carried out for housewives and the younger generation in the area of the former Kartasura Palace.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, A. A. G. (2015). Pengembangan Model Wisata Edukasi-Ekonomi Berbasis Industri Kreatif Berwawasan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 585–597. ekonomi kreatif, usaha industri kreatif, wisata edukasi, kearifan lokal.

Agus Kurniawan , Muhammad Khafid, A. P. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, Dan Kepribadian Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education, 5(1).

Catriana, E. (2020). Ini 3 Subsektor Ekonomi Kreatif yang Jadi Penyumbang Terbesar PDB Indonesia. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2020/08/30/151100526/ini-3-subsektor-ekonomi-kreatif-yang-jadi-penyumbang-terbesar-pdb-indonesia

Deky Anwar, Ilham Marnola, S. (2019). Pengaruh Religiusitas Dan Komunitas Terhadap Motivasi Berwirausaha Para Pemuda. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) -, 4(2).

Indonesia.com, M. (2021). Masa Depan Bisnis Kuliner Indonesia Masih Punya Peluang Besar. Media Indonesia.Com. https://mediaindonesia.com/ekonomi/457757/masa-depan-bisnis-kuliner-indonesia-masih-punya-peluang-besar

Isa, M. (2016). Model Penguatan Kelembagaan Industri Kreatif Kuliner Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Daerah. Seminar Nasional Ekonomi Bisnis.

Koesninda, S., & Priyatmono, A. F. (2020). Menggali Potensi Aset Wisata Kreatif di Kawasan Petilasan Keraton Kartasura. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 17(1), 80–87. https://doi.org/10.23917/sinektika.v17i1.10871

Kusumaningrum, dewi ayu. (2020). Potensi Kuliner Tradisional Khas Keraton Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 5(3).

Lampah. (2017). Kartasoera Sebelum Soerakarta.

Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2019). Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal Di Lingkungan IAIN Surakarta. Among Makarti, 12(24), 23–33.

Nurohman, Y. A., Qurniawati, R. S., & Hasyim, F. (2019). Dana Desa Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pada Desa Wisata Menggoro. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 35–43. https://doi.org/10.35829/magisma.v7i1.38

Qurniawati, R. S. (2020). Understanding Halal Food SMEs� behavior intention towards e-money. International Journal of Islamic Business Ethics, 5(2), 113. https://doi.org/10.30659/ijibe.5.2.113-124

Rahmi, V. A., & Hidayati, R. A. (2019). Efektivitas Pelatihan Keterampilan Dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Wanita Melalui Motivasi Diri Berwirausaha. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(1), 1. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.350

Siti Maullah, M. R. (2021). Mengukur minat berwirausaha dengan menggunakan pendekatan theory of planned behavior dan religiusitas. Journal of Management and Digital Business, 1(2). https://doi.org/doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.49

Sulhaini, S., Ardiani, B. N. A., & Rosiana, W. (2020). Usaha Pariwisata Halal: Self-Efficacy, Pengetahuan Pariwisata Halal, Religiusitas Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa Di Nusa Tenggara Barat. Jmm Unram - Master Of Management Journal, 9(3), 257–269. https://doi.org/10.29303/jmm.v9i3.519




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/abdimakarti.v1i2.290

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Abdi Makarti : Jurnal Pengabdian Masyarakat

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 abdimakarti@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :