NILAI SEWA REKLAME, REALITA PASAR DAN KELAYAKAN INVESTASINYA (STUDI KASUS PADA 3 TITIK PAPAN REKLAME DI KOTA SEMARANG)

Agung Sugiarto, Shandy Jannifer Matitaputti

Abstrak


Besarnya Nilai Sewa Reklame (NSR) sebuah spot iklan dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya kawasan atau kelas jalan lokasi pemasangan reklame yang didalamnya terdiri dari beberapa sub faktor seperti sudut pandang, lebar jalan dan tingkat kepadatan wilayah. Besarnya NSR di beberapa wilayah, kurang merepresentasikan “nilai intrinsic”-nya, sehingga berpotensi kurang memberikan hasil optimal baik dari sisi pemilik lokasi spot reklame, maupun yang pihak yang memasang iklan. Hasil penelitian menunjukkan adanya deviasi atas NSR, pembayaran sesuai kontrak dan nilai sewa pasar atas 3 lokasi sampel penelitian; pertimbangan dan evaluasi kelayakan disarankan pada pihak pemilik lokasi maupun pemasang iklan, guna mendapatkan manfaat yang lebih optimal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buzas, Ferenc; Laszlo Posta; Sandor Kiss and Istvan Mezo. 2017. DETERMINING FAIR RENTAL VALUE OF LAND IN THE HUNGARIAN VALUATION PRACTICE-A METHODOLOGICAL APPROACH. Journal of Applied Studies in Agribusiness and Commerce Vol 11 Number 3-4.

Floyd, Charles F., Mark P Hodgdon and Stephen R Johnson. 1998. Appraising Outdoor Advertising Signs: A Critical Analysis. The Appraisal Journal.

Hanfi, Mamduh M. 2018. Manajemen Keuangan Edisi 2. Yogyakarta: BPFE UGM.

Institute, Appraisal. 2013. The Appraisal of Real Estate 14th edition. Chicago: The Appraisal Institute.

Issac, David. 2022. Property Valuation Principles. New York: Palgrave Macmillan

Komarudin, Mia Amalia. 2016. Aplikasi Perhitungan Pajak Reklame di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Computech dan Bisnis, Vol 10 No. 1.

Lubis, Imran. 2020. Pendukung Keputusan Prioritas Pemilihan Lokasi Pemasangan Iklan Billboard di Kota Medan menggunakan Metode SMART. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), Vol 4 No. 1.

Prasetyanto, Panji Kusuma; Hadi Sasana. 2019. The Capitalization Rate of Real Estate Property in Sleman District, Yogyakarta Province, Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 20 (2).

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Walikota Semarang. 2020. Keputusan Walikota Semarang Nomor 970/154 TAHUN 2020 tentang Penetapan Nilai Sewa Reklame (NSR) di Kota Semarang.

Walikota Semarang. 2016. Peraturan Walikota Semarang Nomor 43 TAHUN 2016 tentang Tata cara Perhitungan Retribusi Sewa Lahan Reklame di Kota Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v15i3.355

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2022 Agung Sugiarto, Shandy Jannifer Matitaputti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.