PENGARUH PROFITABILITAS DAN FIRM SIZE TERHADAP FINANCIAL STRUCTURE PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Fudji Sri Mar'ati, Ashari Purnomo

Abstrak


Perusahaan dalam menentukan besarnya modal perlu memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhi struktur finansialnya. Di satu sisi, dalam menilai kinerja perusahaan diperlukan informasi yang relevan dan penentuan alat ukur kinerja perusahaan yang tepat. Salah satu alternatif penilaian kinerja yang dapat digunakan yaitu analisis profitabilitas, selain itu firm size juga memiliki hubungan dengan struktur finansial.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan firm size terhadap struktur finansial perusahaan tergabung dalam indeks LQ 45. Sampel penelitian sebanyak 21 perusahaan. Metode penelitian bersifat explanatory research, dengan metode pengumpulan data dokumentasi yang diperoleh dari bukti, catatan/laporan histories. Metode analisa menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis meliputi uji t, uji F dan R2.
Hasil Persamaan regresi dari analisis yang dilakukan adalah Y = -16,232 - 0,246 X1 + 1,280 X2. Hasil pengolahan data diperoleh thitung untuk variabel profitabilitas sebesar -3,511 pada tingkat probabilitas 0,002. Karena -thitung (-3,511) < -ttabel (-2,101) dan tingkat probabilitas 0,002 < 0,05, dengan demikian terbukti adanya pengaruh yang signifikan antara variabel profitabilitas terhadap struktur finansial. Hasil pengolahan data diperoleh Fhitung untuk variabel independen sebesar 6,709 pada tingkat probabilitas 0,007. Maka, karena Fhitung (6,709) > Ftabel (3,550) dan tingkat probabilitas 0,007 < 0,05, dengan demikian terbukti secara simultan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel independen (profitabilitas dan firm size) terhadap struktur finansial. nilai R2 sebesar 0,427 hal ini berarti 42,70% struktur finansial perusahaan dapat dijelaskan oleh variasi ke dua variabel independen yaitu, profitabilitas dan firm size.

Keywords : Profitabilitas, Firm Size, Financial Structure

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v4i1.34

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2012 Fudji Sri Mar'ati, Ashari Purnomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AMONG MAKARTI : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA

 jurnalama@stieama.ac.id

 www.stieama.ac.id

 (0298)321013

 Jl. Diponegoro No.39, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 

TERINDEKS :

          

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.